Sukses


Hasil BRI Liga 1: Irfan Jaya Kembali Menggila, PSS Bekuk Borneo FC

Bola.com, Solo - PSS Sleman meraih poin penuh atas Borneo FC dalam lanjutan pekan ke-10 BRI Liga 1 2021/2022. Tim Elang Jawa PSS sukses mengatasi Borneo FC 2-1, lewat brace yang dilakukan Irfan Jaya di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/11/2021) sore.

Sejak awal permainan, PSS Sleman lebih gencar memberikan tekanan ke lini pertahanan Borneo FC. Terutama dari sektor kanan dengan mengandalkan kecepatan Irfan Jaya.

Namun setiap kali upaya penyerangan PSS selalu buntu di bek tengah lawan. Absennya Eduardo Barbosa dan Nemanja Kojic mempengaruhi ketajaman lini depan tim Elang Jawa.

Sementara Borneo FC lebih banyak menunggu kelengahan PSS, yang kemudian melakukan serangan balik kilat yang dimotori Jonathan Bustos. Usaha dari serangan Borneo FC masih bisa dimentahkan pertahanan PSS.

Jalannya pertandingan kedua tim cenderung monoton dengan minimnya peluang yang didapat. Hingga beberapa kali kesalahan elementer yang dilakukan pemain, membuat aliran bola mudah hilang.

Peluang emas pertama diperoleh bek PSS, Mario Maslac yang menyambut sepak pojok di menit ke-37. Bola tandukan kerasnya masih bisa ditepis kiper Borneo FC, Gianluca Pandeynuwu dan menghasilkan tendangan penjuru.

PSS Sleman berhasil mencuri gol di penghujung babak pertama melalui Irfan Jaya. Dengan cerdik Irfan Jaya melepaskan tembakan kaki kanan. Bola melengkung ke tiang jauh yang tidak bisa dijangkau kiper Gianluca Pandeynuwu.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Borneo FC meningkatkan tekanannya di awal babak kedua untuk bisa segera menyamakan kedudukan. Upaya dari Terens Puhiri dan Francisco Torres kerap mentah di penjaga gawang Miswar Saputra.

Lini belakang PSS cukup kompak menghalau aliran serangan Borno FC yang lebih banyak mengandalkan kedua sayap. Para pemain tengah PSS juga ikut rajin membantu pertahanan, seperti Kim Jeffrey Kurniawan.

Pemain belakang PSS, Arthur Irawan melakukan kesalahan dengan melanggar Wawan Febrianto di area terlarang yang membuat wasit harus menunjuk titip putih di menit ke-57.

Francisco Torres dengan dingin menaklukkan kiper Miswar Saputra lewat tendangan 12 pas. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1.

PSS menunjukkan mental baja dengan kembali unggul pada menit ke-61. Irfan Jaya lagi-lagi menjadi momok bagi gawang Borneo FC lewat gol kedua yang dicetaknya, usai memanfaatkan kesalahan bek Rifad Marasabessy.

Kondisi tertinggal membuat Borneo FC terus berupaya membongkar pertahanan PSS, termasuk menurunkan pemain seperti Marco Meraudje menggantikan Wildansyah. Peluang didapat Meraudje dengan melepas tembakan jarak jauh meski belum membuahkan hasil.

Pelatih PSS, Dejan Antonic juga melakukan pergantian pemain demi mempertahankan keuggulannya. Borneo FC mendominasi permainan di sisa waktu pertandingan, untuk menggempur lini belakang PSS.

Namun hingga wasit meniup peluit Panjang tanda laga berakhir, PSS berhasil mengunci kemenangan di pertandingan ini.

Kemenangan kerusial bagi PSS membuat mereka merangkak naik ke posisi 13 dengan nilai 11. Anak asuh Dejan Antonic perlahan meninggalkan zona degradasi, bahkan menggeser Borneo FC dengan selisih satu poin.

3 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

Borneo FC (3-6-1): Gianluca Pandeynuwu (Kiper); Javlon Guseynov, Rifad Marasebessy, Wildansyah (Belakang); Hendro Siswanto, Jonathan Bustos, Leo Guntara, Nuriddin Davronov, Terens Puhiri, Wawan Hendrawan (Tengah); Francisco Torres (Depan)

Pelatih: Risto Vidakovic

PSS Sleman (4-3-3) : Miswar Saputra (Kiper); Aaron Evans, Arthur Irawan, Fandry Imbiri, Mario Maslac (Belakang); Fitra Ridwan, Irkham Mila, Kim Jeffrey Kurniawan (Tengah); Irfan Jaya, Arsyad Arsyad Yusgiantoro, Derry Rachman Noor (Depan)

Pelatih: Dejan Antonic

4 dari 4 halaman

Persaingan PSS dan Borneo FC di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer