Sukses


Cedera Paha, Jose Wilkson Dipastikan Absen pada Big Match BRI Liga 1 Persebaya Vs Arema

Bola.com, Solo - Striker Persebaya Surabaya, Jose Wilkson, dipastikan absen saat timnya berjumpa Arema FC. Padahal, duel ini bakal sarat gengsi dalam tajuk Derbi Jatim yang digelar dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/11/2021) malam.

“Wilkson sepertinya memang tidak bisa main. Dia belum bisa gabung latihan. Ada otot yang tertarik di paha bagian dalam. Sampai sekarang, kemungkinannya dia tidak bisa main melawan Arema,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya, kepada Bola.com, Kamis (4/11/2021) sore.

Wilkson sebenarnya sudah kembali ke performa apiknya di dalam laga terakhir melawan Persiraja Banda Aceh. Dia turut membawa timnya menang 2-0 dalam duel pekan ke-10 itu di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/10/2021) malam.

Golnya lahir berkat upaya Persebaya langsung tancap gas mencoba menggandakan keunggulan dengan tampil tetap menyerang di babak kedua. Upaya mereka pun mendapatkan hasil dengan mendapat hadiah penalti di menit ke-52.

Penyebabnya, kapten Persiraja Defri Rizki melakukan handsball di kotak terlarang saat menghalau umpan silang Akbar Firmansyah. Wilkson yang menjadi eksekutor sukses menceploskan bola yang menggetarkan gawang Aji.

Gol itu mengembalikan ketajaman penyerang berusia 29 tahun tersebut yang absen membobol gawang lawan di dua laga sebelumnya. Wilkson kini sudah mengoleksi lima gol dari sembilan laga, jadi kontributor gol yang terbanyak di Persebaya Surabaya.

2 dari 4 halaman

Krusial

Hanya beberapa detik setelah penaltinya ke gawang Persiraja, Wilkson tumbang, tepatnya pada menit ke-53. Dia mengalami cedera dan empat menit kemudian ditarik keluar dan diganti dengan Johan Yoga Utama.

Penampilan Wilkson selama musim ini memang angin-anginan. Dia tidak selalu berhasil mencetak gol. Ditambah, gaya permainannya yang lebih banyak menunggu daripada menjemput bola semakin membuatnya tidak lancar menambah rekening.

Tapi, bagaimana pun juga, striker asal Brasil itu merupakan juru gedor andalan Persebaya Surabaya. Bajul Ijo juga tercatat hanya sekali bermain tanpa Wilkson dalam 10 pertandingan. Tapi, Persebaya sendiri masih memiliki dua striker pelapis, yakni Samsul Arif dan Johan Yoga Utama. 

“Saya akan siapkan penggantinya. Kami punya Samsul Arif atau Johan Yoga. Yang jelas, siapapun yang main, tim Persebaya tetap akan memainkan ciri khas Persebaya,” ujar Aji Santoso.

“Itu sudah terlihat di beberapa pertandingan. Kami pernah tanpa Bruno atau Kambuaya, dan terbukti kami bermain bagus sesuai karakter tim. Jadi, bagi saya tidak ada masalah karena kami bermain secara tim,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Pemain Lain

Dari dua nama striker itu, hanya Johan Yoga yang sudah membobol gawang lawan, tepatnya menyumbang satu gol. Samsul malah belum pernah mencetak gol, padahal termasuk strike lokal yang produktif di Liga 1 sejak 2017.

Selain striker, Persebaya tetap memiliki nama lain yang biasa diandalkan untuk membobol gawang lawan. Masih ada Taisei Marukawa dan Ricky Kambuaya yang sama-sama telah menyumbang empat gol di Liga 1 musim ini.   

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer