Sukses


Persib Sapu Bersih 5 Laga di Seri Kedua, Robert Alberts Beberkan Berbagai Masalah Sebelum BRI Liga 1 Bergulir

Bola.com, Bandung - Persib Bandung tampil gemilang dalam seri kedua BRI Liga 1 2021/2022. Tim berjulukan Maung Bandung itu menyapu bersih lima laga dengan kemenangan.

Dalam lima laga tersebut, Persib Bandung masing-masing mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 2-0, PSS Sleman dengan skor 4-2, PSIS Semarang dengan skor tipis 1-0, Persipura Jayapura dengan skor telak 3-0, serta 3-1 atas Persela Lamongan.

Pelatih Persib, Robert Alberts, menyebut kesuksesan timnya di seri kedua berkat perjuangan para pemain di lapangan. Victor Igbonefo dkk. selalu tampil maksimal walaupun sebelumnya Persib dihadapkan dengan berbagai masalah.

Pelatih yang mengawali karier kepelatihan di Swedia itu bercerita mengenai berbagai hal yang dihadapinya ketika kompetisi BRI Liga 1 baru akan bergulir. Robert Alberts memulainya dengan menyebut timnya tidak bisa berlatih di lapangan karena terbentur aturan PPKM di Jawa dan Bali.

Kondisi tersebut membuat Persib memutuskan mempersiapkan tim secara daring. Pemain dibekali program latihan lewat video dan dikerjakan di tempat tinggal masing-masing.

"Kita sedikit mundur ke belakang karena sepak bola itu adalah tentang rencana. Ketika kami mendengar kabar liga akan dimulai lagi, itu masih di masa PPKM dan saat itu kami tidak punya lapangan untuk latihan," ujar Robert Alberts.

"Persib Bandung tidak bisa berlatih, sementara beberapa tim lain mempunyai kesempatan untuk melakukan persiapannya," lanjut pelatih asal Belanda itu.

2 dari 4 halaman

Awal Berlatih

Persib Bandung akhirnya bisa memulai sesi latihan bersama dua pekan sebelum BRI Liga 1 dimulai. Namun, Robert merasa persiapan dua pekan terbilang mepet untuk mengembalikan kondisi pemain ke level ideal.

Apalagi, para pemain sudah lama tidak merasakan pertandingan resmi karena kompetisi Liga 1 2020 dihentikan akibat pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

"Mungkin kami baru mulai berlatih bersama dua pekan sebelum musim dimulai. Jika tidak bermain di ajang kompetitif selama 1,5 tahun, waktu persiapan dua pekan tentu saja tidak cukup untuk memainkan liga," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

Tanpa Pramusim

Dengan tidak adanya pramusim dan bergabungnya pemain baru, seperti Marc Klok dan Mohammed Rashid, menjadi tantangan bagi Robert. Pelatih asal Belanda ini harus memutar otak membentuk tim Persib Bandung dengan persiapan yang mepet.

"Melihat kondisi kami tidak melakukan pramusim dan ada beberapa pemain baru masuk ke dalam tim, yang mana belum bermain bersama satu sama lain,"katanya.

"Terlebih dalam format bubble yang tidak memainkan laga home and away, saya sudah menyatakan berkali-kali bahwa enam laga di awal seperti pramusim, bukan hanya bagi kami, tapi juga untuk beberapa tim lain juga,"ucap eks pelatih PSM Makassar ini.

Robert menjelaskan dalam membentuk tim ke level terbaik butuh waktu cukup panjang. Makanya, dia menjadikan enam laga awal di BRI Liga 1 sebagai ajang untuk membentuk fondasi tim.

"Jadi itu bisa dengan jelas menunjukkan enam laga awal adalah waktu membentuk fondasi di dalam tim, membentuk tim yang solid," paparnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer