Sukses


5 Pemain Tak Berlabel Bintang yang Bersinar di BRI Liga 1: Kontribusi Enggak Main-main

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 sudah melewati seri kedua dan akan masuk ke putaran ketiga mulai 18 November mendatang. Bhayangkara FC sejauh ini masih memimpin klasemen untuk menuju tangga juara.

Hingga berakhirnya seri kedua atau 11 pertandingan BRI Liga 1, tentu dengan mudah menyebut nama-nama pemain yang paling menonjol terutama label pemain asing. Seperti barisan para pencetak gol terbanyak mulai dari Marko Simic, Ilija Spasojevic, Ezechiel N’Douassel, atau Youssef Ezzejjari.

Nama lain bisa tertuju pada Carlos Fortes, Taisei Marukawa, Mohammed Rashid, Eber Bessa, Jose Wilkson, hingga kiper Adilson Maringa. Mereka tentu menjadi tumpuan di masing-masing klub.

Pemain lokal Indonesia juga tidak mau kalah dengan ikut bersaing seperti Irfan Jaya (PSS Sleman), Ricky Kayame (Persipura Jayapura), hingga Awan Setho yang membawa Bhayangkara FC berada di puncak klasemen sementara.

Meski demikian, pamor pemain tidak hanya berlaku bagi deretan yang sudah punya nama atau selalu menjadi tulang punggung masing-masing tim. Jangan lupakan pemain lain yang punya kontribusi yang tidak kalah besarnya.

Menarik untuk dibahas sederet pemain yang bukan berlabel bintang, namun punya peran yang cukup besar bagi timnya di BRI Liga 1. Bola.com merangkum setidaknya lima pemain. Berikut ulasannya:

2 dari 7 halaman

1. Edo Febriansyah

Bek sayap kiri Persita Tangerang yang tampil meemikat selama BRI Liga 1. Meski berposisi sebagai bek, ia cukup rajin membantu penyerangan hingga ikut mencetak gol.

Aksi paling menawan Edo Febriansyah adalah berhasil menyelematkan Persita dari kekalahan di pertandingan kesembilan. Ia mencetak gol di menit-menit akhir dan memaksa laga berakhir sama kuat 2-2.

Sebelumnya, pemain berusia 24 tahun itu pernah mencetak gol ke gawang Bali united pada pekan keempat.

Meski di pertandingan tersebut Persita harus mengakui kekalahan 1-2 dari Bali United, namun eks pemain Persik Kediri itu membuktikan sebagai bek produktif.

Edo Febriansyah memang tidak hanya piawai menjaga pertahanan. Ia punya transisi yang baik, terutama saat Persita melakukan serangan balik cepat.

Tidak cukup sampai di situ, atas performa apiknya ia dipanggil bergabung di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong menghadapi Piala AFF.

3 dari 7 halaman

2. Syahrul Trisna Fadillah

Penjaga gawang utama Persikabo 1973 yang menjadi kekuatan di bawah mistar gawang Laskar Padjajaran. Ia menjadi kiper dengan rating tertinggi di BRI Liga 1 sejauh ini.

Syahrul Trisna Fadillah sukses mencatatkan empat clean sheet. Namun, Syahrul Trisna Fadillah juga memiliki banyak catatan kebobolan,  yakni 13 gol dari 11 laga.

Namun, Syahrul Trisna Fadillah menjadi kiper paling sibuk di BRI Liga 1 2021/2022. Syahrul Trisna Fadillah melakukan 38 penyelamatan dari 11 laga yang dimainkannya bersama Persikabo 1973.

Alhasil, namanya ikut masuk dalam panggilan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF.

4 dari 7 halaman

3. Muhammad Tahir

Gelandang jangkar andalan Persipura Jayapura yang selalu menjadi pilihan pertama di BRI Liga 1 musim ini. Muhammad Tahir sudah tampil sebanyak 10 kali untuk tim Mutiara Hitam.

Meski timnya sedang terpuruk dengan berada di posisi juru kunci, tidak membuat dirinya ikut tampil melempem. Tahir menjadi pemain dengan rating terbaik di Persipura, khususnya melanarkan tekel bersih.

Tercatat sudah 23 kali tekel bersih ia lancarkan. Serta 29 kali melakukan intersep, membuatnya sebagai gelandang paling sibuk di Persipura.

Namun Muhammad Tahir sudah megoleksi empat kartu kuning dan 25 kali melakukan pelanggaran.

5 dari 7 halaman

4. Muhammad Rifaldi

Gelandang sayap kanan andalan Persiraja Banda Aceh, selain nama Paulo Henrique. Muhammad Rifaldi adalah seorang pelayan terbaik bagi para penyerang di timnya.

Sejauh ini dirinya telah mencatatkan empat kali assist dari 10 pertandingan yang ia jalani. Rifaldi menempati urutan kedua sebagai pemain dengan assist terbanyak, berada di bawag Jonathan Bustos.

Rifaldi sangat piawai menyisir sisi kanan Persiraja. Kemampuannya terletak pada umpan diagonal yang sulit dibaca lawan. Striker Paulo Henrique kerap dimanjakan oleh umpan-umpannya.

6 dari 7 halaman

5. Andhika Ramadhani

Merupakan kiper pelapis di Persebaya Surabaya yang tampil memukau, terutama saat melawan Persija Jakarta di pertandingan ke sembilan. Persebaya sukses menang 1-0 di pertandingan itu, satu di antara kuncinya adalah performa Andhika Ramadhani.

Tercatat, Andhika melakukan delapan penyelamatan terhadap tembakan pemain Persija dalam duel pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 tersebut. Marko Simic dkk. benar-benar dibuat frustasi dengan penampilan apik kiper berusia 22 tahun itu.

Dari delapan penyelamatan itu, lima di antaranya adalah hasil upaya Simic. Dia beberapa kali memegang kepala setiap melihat peluang emasnya digagalkan Andhika. Maklum, striker asal Kroasia ini unjung andalan Persija yang haus gol.

Tidak cuma itu, Andhika juga sangat sigap dalam memotong umpan silang yang biasanya dikirim oleh Riko Simanjuntak dari sayap kanan. Dia berani berinisiatif maju menangkap bola sebelum disambar oleh pemain Persija di kotak penalti.

7 dari 7 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer