Sukses


Duel Pelatih Timnas Indonesia vs Afghanistan: Lebih Baik Shin Tae-yong atau Anoush Dastgir?

Bola.com, Antalya - Timnas Indonesia menjalani laga uji coba internasional kontra Afghanistan di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). Duel ini menyajikan adu strategi antara Shin Tae-yong yang menangani Tim Garuda dan Anoush Dastgir di kubu Afghanistan.

Pertandingan ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia menuju Piala AFF 2020 yang bakal digelar mulai 5 Desember 2021 nanti. Laga ini akan menjadi ujian yang cukup berat bagi Tim Garuda jika mengingat duel terakhir kedua tim pada Mei 2021 lalu.

Dalam laga uji coba internasional yang digelar pada 25 Mei 2021, dalam persiapan untuk tampil di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Afghanistan. Dua gol Tim Garuda saat itu dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Adam Alis.

Artinya duel strategi antara Shin Tae-yong dan Anoush Dastgir di Turki kali ini bukanlah yang pertama. Bahkan kemenangan Afghanistan pada Mei 2021 lalu tak lantas menjadikan Shin Tae-yong kalah kelas dari Anoush Dastgir.

Tim Garuda yang dibawa ke Uni Emirat Arab untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa kala itu dominan diisi pemain muda yang diberikan kesempatan dari Shin Tae-yong.

Sementara kali ini, Shin Tae-yong sudah memadukan pemain muda dan berpengalaman yang sudah memiliki waktu yang cukup panjang untuk memahami strategi yang diajarkan oleh pelatih asal Korea Selatan itu. Pemain terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia diboyong untuk persiapan tampil di Piala AFF 2020.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Anoush Dastgir dari Shin Tae-yong

Ada perbedaan mendasar mengenai kebersamaan masing-masing pelatih dengan tim asuhannya masing-masing. Shin Tae-yong memang sudah menangani Timnas Indonesia sejak akhir 2019, tapi baru benar-benar menangani Timnas Indonesia senior pada 2021, menyusul pandemi COVID-19 yang meniadakan laga internasional.

Laga uji coba kontra Afghanistan pada  25 Mei 2021 menjadi laga pertama Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong. Hingga saat ini Tim Garuda sudah memainkan tujuh pertandingan di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Sementara Anoush Dastgir sudah menangani Afghanistan sejak 2018, menggantikan pelatih asal Jerman, Otto Pfister, yang pergi setelah gagal mengantar Afghanistan lolos ke Piala Asia 2019.

Sejak 2018 itu, Anoush Dastgir sudah membimbing Timnas Afghanistan melewati 13 pertandingan internasional, baik laga persahabatan maupun Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam hal ini tentu Anoush Dastgir lebih diuntungkan dengan sudah cukup lama mengenal tim asuhannya, terbukti dengan keberhasilan mereka menang 3-2 atas Timnas Indonesia pada Mei 2021 lalu.

 

3 dari 3 halaman

Sama-sama Baru 2 Kali Menang

Namun, raihan Anoush Dastgir bersama Afghanistan juga tak cukup bagus. Dalam 13 pertandingan di bawah asuhan Dastgir, Afghanistan hanya meraih 2 kemenangan, termasuk atas Timnas Indonesia. Sementara 11 laga lain berakhir dengan 5 hasil imbang dan 6 kekalahan.

Bahkan tak jarang kekalahan itu diraih dengan cukup telak, seperti 0-5 dari Oman saat laga uji coba pada Maret 2019 dan 0-6 dari Qatar pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar 5 September 2019.

Sementara Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong juga baru meraih 2 kemenangan dalam 7 laga yang sudah dimainkan, yaitu saat Tim Garuda memenangi dua leg pertandingan atas Chinese Taipei dalam laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara dalam lima laga lainnya berakhir dengan 1 hasil imbang dan 4 kekalahan.

Video Populer

Foto Populer