Sukses


BRI Liga 1: Duel Pelatih Persiraja Vs Persib, Bak Langit dan Bumi

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung akan melakoni laga menghadapi Persiraja Banda Aceh dipekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2021. Laga kedua tim digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021).

Duel Persib Bandung dan Persiraja Banda Aceh ibarat langit dan bumi lantaran perbedaan mencolok antar kedua tim. Secara materi pemain, Skuad Maung Bandung lebih menjanjikan ketimbang Persiraja.

Persib banyak dihuni pemain berlabel bintang di setiap lininya. Adapun, Persiraja dihuni muka-muka baru dan pemain muda yang baru merasakan atmosfer kompetisi resmi kasta tertinggi tanah air.

Selain itu, posisi Persib di tabel klasemen lebih baik dari Laskar Rencong. Persib bertengger di urutan kedua dengan 25 poin dari 12 laga, sedangkan Persiraja terpuruk di dasar klasemen dengan 5 angka.

Perbedaan mencolok juga terlihat dari sosok pelatih kedua tim. Pelatih Robert Alberts yang menangani Persib akan beradu taktik dengan Akhyar Ilyas di kubu Persiraja Banda Aceh.

Bola.com coba mengulas duel pelatih kedua tim.

 

2 dari 4 halaman

Robert Alberts

Pelatih kelahiran Belanda, 14 November 1954 ini dikenal sebagai juru taktik sarat pengalaman di sepakbola Indonesia. Setiap tim yang ditanganinya mampu bersaing di papan atas klasemen.

Bahkan, saat pertama kali datang ke Indonesia Robert Alberts sukses menyabet gelar juara Liga Indonesia musim 2009-2010 bersama Arema Indonesia.

Karir kepelatihan Robert Alberts kemudian berlanjut ke PSM Makassar musim 2010-2011 dan 2016-2019. Pelatih berusia 67 tahun ini hampir membawa PSM meraih gelar juara Liga 1 2018.

PSM berada di urutan kedua klasemen akhir dengan mengumpulkan 61 poin dari 34 pertandingan. Selisih satu poin dengan sang juara, Persija Jakarta.

Setelah menangani PSM, Robert Alberts akhirnya berlabuh ke Persib Bandung musim 2019. Pada musim pertamanya, Robert membawa Persib menghuni peringkat keenam dengan 51 poin.

Perfoma menanjak Persib mulai terlihat di Liga 1 2020. Persib mencatatkan tiga kemenangan secara beruntun melawan Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman. Namun, kompetisi terpaksa terhenti karena pandemi COVID-19.

Kini, Persib kembali tampil menjanjikan di BRI Liga 1 2021. Persib menorehkan tujuh kemenangan, empat kali hasil imbang dan satu  kekalahan.

Satu-satunya kekalahan didapat Maung Bandung saat berhadapan dengan rival beratnya Persija Jakarta di Stadion Manahan, pekan lalu. Persib takluk dengan skor tipis 0-1.

 

3 dari 4 halaman

Akhyar Ilyas

Pria berusia 48 tahun ini merupakan caretaker atau pelatih sementara Persiraja di BRI Liga 1. Akhyar Ilyas menggantikan posisi Hendri Susilo yang mengundurkan diri lantaran gagal mengangkat prestasi Persiraja.

Bersama Laskar Rencong, Akhyar Ilyas baru memimpin tiga pertandingan melawan Persebaya Surabaya, Persik Kediri dan Barito Putera. Dari tiga laga tersebut, Persiraja hanya mampu meraih satu poin.

Satu poin itu didapat saat menahan imbang Persik 1-1 dan sisanya menelan kekalahan dari Persebaya 0-2 dan Barito Putera 1-4.

Pengalaman Akhyar Ilyas di kompetisi kasta tertinggi tanah air memang minim. Sebelumnya, pelatih kelahiran 1 Desember 1983 ini mendampingi Hendri Susilo mempromosikan Persiraja ke Liga 1 2020.

Namun, sebelum menjadi pelatih dia pernah aktif sebagai pemain. Akhyar Ilyas pernah membela Persiraja, Semen Padang, Sriwijaya dan Persija Jakarta. Dia akhirnya gantung sepatu saat memperkuat Persis Solo 2010.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer