Sukses


Duel Pelatih Persela Vs PSM di BRI Liga 1: Adu Taktik Sesama Careteker

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan dan PSM Makassar bakal bersua pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (2/12/2021).

Duel ini layak untuk ditunggu karena melibatkan dua pelatih yang sama-sama berstatus careteker. Di skuad Juku Eja, Syamsuddin Batola menggantikan peran Milomir Seslija yang terlempar menyusul raihan minor tim asuhannya.

Ragil Sudirman diplot menangani Laskar Joko Tingkir usai manajemen Persela memutuskan mengakhiri kerjasama dengan Iwan Setiawan.

Syamsuddin lebih dulu mentas saat PSM bermain imbang 1-1 dengan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021). Meski pernah membawa PSM menembus semifinal Piala Menpora 2021, sentuhan Syamsuddin belum terlihat laga ini.

BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Persela Lamongan Vs PSM Makassar (Bola.com/Adreanus Titus)

Tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini nyaris kalah andai tiga tendangan striker Persipura tak membentur mistar dan tiang gawang.Stuasi yang bakal dihadapi Syamsuddin kian sulit.

Pada laga nanti, PSM dipastikan tak diperkuat tiga pilarnya, Anco Jansen, Zulkifli Syukur dan Hasim Kipuw dipastikan absen karena terjerat sanksi akumulasi kartu kuning.

Bek tengah asal Bosnia, Serif Hasic masih diragukan kondisinya setelah ditarik keluar pada laga kontra Persipura cedera otot pada.Begitu pun dengan Yakob Sayuri yang masih menjalani perawatan intensif usai menghadapi Persipura. Seperti diketahui, kelima pemain ini tercatat paling banyak mendapatkan menit bermain di PSM Makassar.

"Saya masih menunggu laporan terakhir terkait kondisi Serif dan Yakob. Saya tentu berharap mereka bisa pulih. Tapi, kalau tidak, saya harus memaksimalkan pemain yang ada," ungkap Syamsuddin.

Sementara Ragil menangani Ahmad Bustomi dan kolega sejak Senin (29/11/2021). Setelah Iwan didepak, asisten pelatih Persela lainnya, Didik Ludianto juga memutuskan mundur dari tim sebagai bentuk tanggungjawab menyusul hasil minor tim.

Keduanya keluar dari tim setelah Persela menelan empat kekalahan beruntun. Termasuk dipermak Persikabo 1973 dengan skor 2-4 di Stadion Sultan Agung, Sabtu (27/11/2021).

2 dari 4 halaman

Rekam Jejak Syamsuddin Batola

Syamsuddin lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai asisten pelatih asing PSM Makassar di Liga 1 sejak 2017. Ia berturut-turut mendampingi Robert Alberts (Belanda), Darije Kalezic (Bosnia) dan Bojan Hodak (Kroasia).

Syamsuddin yang sudah mengantongi lisensi kepelatihan A-AFC ini juga pernah menjadi Direktur Teknik Akademi PSM Makassar di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Syamsuddin yang membawa PSM meraih trofi juara sebagai bek Juku Eja pada Liga Indonesia 1999/2000 ini sempat diplot sebagai pelatih kepala di Piala Menpora 2021.

Pada ajang pra musim itu, pria kelahiran Kabupaten Maros sukses membawa PSM menembus semifinal dengan rekor tanpa terkalahkan. PSM akhirnya gagal ke final setelah disingkirkan Persija Jakarta via adu penalti.

3 dari 4 halaman

Rekam Jejak Ragil Sudirman

Seperti Syamsuddin di PSM, Ragil juga bukan sosok baru di Persela. Ia malah sudah masuk dalam staf pelatih Laskar Joko Tingkir sejak 2002.

Ragil juga pernah berstatus pemain Persela dengan pencapaian terbaik meraih trofi juara Divisi Dua Liga Indonesia 2001. Sukses yang membuatnya mendapat penghargaan dengan menjadi karyawan Bank Daerah Lamongan.

Tetap bertahan sebagai asisten meski sudah belasan pelatih bergantian menangani Persela membuat Ragil pantas disebut loyalis tim kebangaaan masyarakat Lamongan itu.

"Kuncinya adalah menjaga kepercayaan yang diberikan," ujar Ragil yang baru mengantongi lisensi pelatih B-AFC ini.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer