Sukses


BRI Liga 1: Cerita Taisei Marukawa Tentang Awal Perjalanan Karier dan Alasan Memilih Persebaya

Bola.com, Jakarta - Gelandang berpaspor Jepang, Taisei Marukawa baru pertama kali berkiprah di kompetisi Indonesia setelah menerima tawaran manajemen Persebaya Surabaya jelang BRI Liga 1. Ia menjalani laga debut yang impresif bersama Persebaya Surabaya.

Taisei Marukawa tampil selama 83 menit saat timnya menang 3-1 atas Persikabo 1973 dalam pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (11/9/2021) malam. Pada laga itu, Taisei Marukawa menyumbang satu assist untuk gol yang diciptakan Jose Wilkson di menit ke-41.

Bagi pria kelahiran Hiroshima, 30 Januari 1997, Jose Wilkson bukan sosok yang asing karena keduanya pernah tampil bersama di Senglea Athletic, klub Liga Utama Malta.

"Saya mendapat kontrak selama setahun setelah menjalani trial," ungkap Marukawa dalam channel youtube Tiento Indonesia.

Sebelum ke Senglea Athletic, Taisei Marukawa mengembangkan kemampuan seraya menempuh pendidikan formal. Ia bergabung di Hiroshima Minami High School dan kemudian bersama Chuo University.

"Awalnya saya hanya menjadikan sepak bola sebagai hobi dengan setiap hari bersama dengan teman masa kecil. Tapi, setelah berusia enam tahun, saya memutuskan menjadi sepak bola sebagai tujuan," kata Taisei Marukawa.

Taisei Marukawa kian bersemangat menggeluti sepak bola setelah pelatih di klubnya menyakinkan dirinya. "Dia bilang, saya punya potensi untuk menjadi pesepak bola profesional," terang Taisei Marukawa.

 

2 dari 4 halaman

Tawaran Persebaya

Menariknya, selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, Taisei Marukawa tak pernah bermain di Liga Jepang. Selain Senglea Athletic, ia juga tercatat pernah berkostum klub Malta lainnya yakni, Valletta sebelum bergabung di klub Latvia, Noah Jurmala.

Ketika berstatus pemain Noah Jurmala, ia ditawari oleh agennya untuk bermain di Indonesia. Setelah mendapat info itu, ia pun menghubungi rekannya, Shunsuke Nakamura yang pernah bermain di Persela Lamongan.

"Dia bilang saya, atmosfter kompetisi di Indonesia bagus dan suporter sangat fanatik mendukung tim kesayangannya di setiap laga. Saya pun memutuskan datang ke Indonesia untuk mendapatkan pengalaman bersama Persebaya," kata Taisei Marukawa.

3 dari 4 halaman

Adaptasi Sukses

Sejauh ini, penampilan Taisei Marukawa bersama Persebaya terbilang baik. Dalam 14 kali tampil, ia sudah mengoleksi 7 gol. Pencapaian yang terbilang baik buat seorang penyerang sayap atau second striker.

"Saya tak menemukan masalah berarti dalam adaptasi. Kecuali udara yang panas. Tapi, saat ini, saya sudah menyesuaikan diri. Termasuk makanan Indonesia," tutur penyuka Soto Ayam ini.

Taisei Marukawa pun mengaku termotivasi dengan slogan Wani yang populer di kalangan Bonek.

"Kalau di Jepang, Wani sama dengan Ganbatte. Jadi saya pun selalu berusaha keras untuk tampil dengan kemampuan terbaik bersama Persebaya," pungkas Taisei Marukawa.

Sumber: Youtube Tiento Indonesia

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer