Sukses


Persebaya Catat 5 Clean Sheet Beruntun di BRI Liga 1, Ernando Ari Sutaryadi Panen Pujian

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya benar-benar menunjukkan penampilan yang luar biasa di pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022. Mereka berhasil menang 3-0 atas Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam.

Kemenangan ini membuat anak asuh Aji Santoso membukukan lima clean sheet alias tidak kebobolan di lima laga terakhir secara berturut-turut pula. Itu tidak lepas dari penampilan impresif penjaga gawang Ernando Ari Sutaryadi kontra Persib.

Di laga itu, dia melakukan tujuh penyelamatan gemilang dan sukses membuat frustrasi pemain Persib yang gagal mencetak gol. Sontak saja Ernando mendapat banyak pujian, termasuk dari sang pelatih kepala Aji Santoso.

“Ernando tampil luar biasa. Meskipun pertandingan sebelumnya dia tidak main, ada beberapa penyelamatan yang dilakukan Ernando, bahwa kiper ini berkembang,” ucap Aji setelah pertandingan.

Laga ini menjadi buat Ernando yang absen di dua laga sebelumnya karena cedera. Dia terakhir bertanding saat Persebaya Surabaya pesta 4-0 atas Persita Tangerang (24/11/2021). Ernando mengalami cedera bahu dan diganti dengan Andhika Ramadhani pada menit ke-26.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Andhika Juga Mantul

Ya, Ernando memang bukan satu-satunya kiper Persebaya Surabaya yang tampil gemilang. Saat dia absen, Andhika nyatanya mampu menjadi pengganti yang sepadan dengan mampu menjaga gawang Persebaya tidak kebobolan.

Aji merasa ini juga berkat permainan disiplin pertahanan timnya dalam menahan gempuran serangan lawan. Kualitas merasa skuat Persebaya menghasilkan permainan yang solid meski tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik.

“Saya sampaikan kepada pemain, setiap bertanding melawan siapapun, mereka harus fokus dengan fighting spirit, mengikuti instruksi pelatih dengan baik, dan tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu di sepertiga pertahanan lawan,” kata Aji.

“Alhamdulillah, lima pertandingan clean sheet itu membuktikan pertahanan kami cukup kuat, dan itu diraih bukan kebetulan. Memang di dalam setiap latihan, kami melakukan compact defense dan serangan balik menghadapi Persib Bandung,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

7 Clean Sheet

Total, Persebaya telah membukukan tujuh clean sheet selama BRI Liga 1, angka yang sama ditorehkan oleh Arema FC dan Bali United. Di atas mereka masih adalah Bhayangkara FC (9 clean sheet) dan Persib Bandung (8).

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer