Sukses


Hore! Klub Indonesia Resmi Berlaga Lagi di Liga Champions Asia

Bola.com, Kuala Lumpur - Kabar gembira datang untuk klub Indonesia. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengonfirmasi kembali memberikan jatah untuk berlaga di Liga Champions Asia.

Indonesia bakal kembali mengirimkan wakil di Liga Champions Asia pada musim 2023. Seperti diketahui, jatah tersebut dalam dua musim terakhir beralih ke negara lain.

Klub Indonesia yang terakhir kali tampil di Liga Champions Asia adalah Bali United pada 2020. Ketika itu, klub berjulukan Serdadu Tridatu gagal lolos ke play-off setelah disingkirkan Melbourne Victory.

Adapun pada Liga Champions Asia 2021 dan 2022 Indonesia tidak dapat mengirimkan wakil. Penyebabnya adalah mengacu pada perhitungan poin tak termasuk dalam daftar klub yang berhak tampil di Liga Champions Asia.

Kini, berdasarkan ranking kompetisi di Asia pada 2021 yang dirilis pada 24 November, BRI Liga 1 2021/2022 menempati urutan ke-26 dengan 15,96 poin. Adapun Myanmar yang sebelumnya mendapatkan jatah ke Liga Champions Asia kompetisinya berada di posisi ke-28 dengan 9,8 poin.

Indonesia diketahui masih ke dalam 12 besar Zona Timur sehingga berhak mengirimkan satu wakilnya ke play-off Liga Champions Asia. Jatah tersebut bakal diberikan kepada klub yang mampu menjuarai Liga 1 2021/2022.

2 dari 3 halaman

Persaingan Ketat

Indonesia tergabung dengan enam kompetisi negara di Asia Tenggara yang berhak tampil di Liga Champions Asia. Mereka adalah Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Khusus untuk Thailand, mereka mendapatkan masing-masing dua tiket lolos otomatis ke fase grup dan play-off. Adapun sisanya harus melakoni jalan panjang menuju babak penyisihan grup.

Arema menjadi klub Indonesia terakhir yang berlaga di Liga Champions Asia. Ketika itu, Arema hanya sampai babak penyisihan grup pada musim 2011.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Perubahan

Adapun untuk jatah di Piala AFC tak ada perubahan. Sama seperti musim 2020, Indonesia mendapatkan satu tiket lolos otomatis ke babak penyisihan grup dan satu tiket ke babak play-off.

Pada Piala AFC 2021, Indonesia sejatinya diwakili Bali United di fase grup dan Persipura Jayapura di babak play-off. Namun, turnamen ditiadakan karena pandemi COVID-19.

Persaingan Piala AFC 2023 diprediksi bakal semakin ketat. Australia akan mengirimkan wakilnya yang lolos otomatis ke babak penyisihan grup.

Video Populer

Foto Populer