Sukses


BRI Liga 1: Fakta Menarik dan Sepak Terjang Bruno Cantanhede Setelah Resmi Gabung Persib

Bola.com, Bandung - Teka-teki siapa pemain anyar Persib Bandung untuk menyambut paruh kedua BRI Liga 1 2021/2022, akhirnya terjawab sudah. Manajemen Persib secara resmi merekrut pemain asing asal Brasil, Bruno Cantanhede.

Kabar perekrutan Bruno Cantanhede diumumkan Persib Bandung melalui media sosial resminya, Sabtu (18/12/2021). Manajemen tim Maung Bandung mengikat kontrak Bruno dengan durasi satu tahun dengan opsi perpanjangan.

"Iya Bruno Cantanhede sudah resmi ke Persib. Kontraknya ya satu tahun dulu nanti dilihat kalau bagus bisa diperpanjang," ujar Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar kepada wartawan.

Sebelum berlabuh ke Persib, Bruno sempat membela klub Liga Vietnam, Hanoi FC musim 2020-2021. Selama satu musim, Bruno hanya mencatatkan tiga gol dengan delapan penampilan.

Musim terbaiknya terjadi pada musim 2019 saat memperkuat Viettel FC. Bruno Cantanhede berhasil menjadi top skor atau pencetak gol terbanyak Liga Vietnam dengan 15 gol dari 14 laga.

Pemain Serba Bisa

Bruno sejatinya merupakan pemain berposisi penyerangan. Namun, berdasarkan data transfermarkt Bruno juga bisa dipasang sebagai winger dan tengah.

Bruno dikenal sebagai pemain yang punya kelebihan dalam kecepatan. Dengan kelebihannya itu tak jarang membuat barisan pertahanan lawan kewalahan. Dia juga kuat dalam duel-duel udara.

Selama memperkuat Viettel FC 2018-2020, Bruno Cantanhede mencatatkan 20 gol dari 28 pertandingan. Ini membuktikan bahwa Bruno merupakan penyerang tajam.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Menambah Ketajaman

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bruno Cantanhede (@bcantanhede_)

Kehadiran Bruno Cantanhede diharapkan bisa membuat lini depan Persib lebih tajam. Pasalnya, dua penyerang Persib sebelumnya Wander Luiz dan Geoffrey Castillion kurang memuaskan hingga mendapat kritikan dari Bobotoh.

Wander Luiz dan Geoffrey Castillion pun akhirnya dilepas Persib. Manajemen Persib melepas kedua pemain ini usai kontraknya berakhir pada Desember 2021.

Bersama Persib, Bruno akan berduet dengan rekan satu negaranya, David Da Silva yang sebelumnya sudah bergabung lebih dulu. Kehadiran Bruno dan David membuat Persib punya duet samba.

Karir sepakbola Bruno Cantanhede cukup panjang. Pemain berpostur 185 cm ini mengawali karir profesionalnya bersama klub Liga Brasil, Sao Paulo B musim 2014.

Kemudian, Bruno dipinjamkan ke Rio Claro FC pada 2014-2015. Satu musim bersama Rio Claro, Bruno mencoba peruntungan dengan bergabung ke klub Liga Israel, Kiryat Shmona 2015-2016.

Dia kemudian hengkang dan berlabuh ke klub Liga Portugal, Tondela 2016-2017. Di klub tersebut, Bruno hanya bertahan setengah musim dan dipinjamkan ke Klub Liga Brasil, Parana.

Bruno kemudian mencoba berkarir di klub kasta kedua Liga Korea Selatan bersama Daejeon Citizen pada 2017. Selama memperkuat Daejeon, Bruno tampil cukup menjanjikan dengan mencetak 12 gol dari 18 laga.

Bruno hanya bertahan satu musim di klub tersebut. Dia selanjutnya memperkuat tim sesama klub Liga Korea Selatan, Anyang FC.

Bruno menemukan perfoma terbaiknya saat membela klub Liga Vietnam, Viettel FC 2018/2019. Dia sukses menjadi top skor Liga Vietnam dengan 15 gol dari 14 pertandingan.

Satu tahun memperkuat Viettel FC, Bruno akhirnya hijrah ke Hanoi FC. Bersama Hanoi FC, Bruno jarang mendapat kesempatan tampil. Dia hanya mengemas delapan laga dengan tiga gol.

Namun, di balik itu ada beberapa catatan yang perlu diketahui setelah merekrut Bruno Cantanhede. Berikut ulasannya yang dihimpun Bola.com:

3 dari 5 halaman

Riwayat Cedera

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bruno Cantanhede (@bcantanhede_)

Sebelum bergabung dengan Persib, Bruno dikabarkan sempat mengalami cedera ligamen pada Maret 2021. Bruno terpaksa harus menepi selama enam pekan untuk proses pemulihan.

Cedera didapat saat Bruno menjalani laga melawan Ho Chi Minh City. Bruno kembali masuk dalam line up pemain saat Hanoi menghadapi Sai Gon FC pada Mei 2021.

Dalam laga tersebut, Bruno sukses mencetak satu gol ke gawang Sai Gon FC. Gol tersebut membantu Hanoi FC menang atas Sai Gon dengan skor akhir 3-1.

Sayangnya, setelah kembali ke lapangan hijau kompetisi Liga Vietnam dihentikan karena alasan COVID-19. Hingga akhirnya, manajemen Hanoi FC melepas Bruno pada Oktober 2021.

Sementara itu, manajemen Persib akan melakukan tes medis kepada Bruno setelah tiba di Indonesia. Jika dalam hasil tes medis tidak lolos, Bruno sudah dipastikan gagal direkrut Persib Bandung.

"Iya sudah, sudah teken kontrak. Tapi, kontraknya bakal efektif kalau sudah lolos tes kesehatan. Semua kontrak begitu,"kata Teddy kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

4 dari 5 halaman

Berpengalaman

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bruno Cantanhede (@bcantanhede_)

Bruno sempat satu tim dengan eks pemain Barcelona dan AC Milan, Rivaldo ketika membela Sao Paulo. Saat itu, Bruno masih berusia 18 tahun.

Bukan hanya Rivaldo, saat berseragam Sao Paulo, Bruno juga main bareng dengan kiper legendaris Brasil, Rogerio Ceni dan gelandang Real Madrid, Casemiro.

Setelah memperkuat Sao Paulo, Bruno mencoba peruntungan dengan bergabung klub Liga Israel Kiryat Shmona. Satu tahun bersama klub tersebut, Bruno mengoleksi empat gol dari 30 laga.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Persib di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer