Sukses


BRI Liga 1: Dilepas Persebaya, Jose Wilskon Didoakan Sukses Bersama Persela

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya secara resmi mengakhiri kerja sama dengan striker asal Brasil, Jose Wilkson. Kabar ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Persebaya pada Jumat (31/12/2021).

Belum lama hengkang, Jose Wilkson bakal segera menemukan klub baru. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menyebutkan striker berusia 29 tahun tersebut bakal bergabung klub tetangga, Persela Lamongan.

"Kami main nanti lawan Bali United pada pekan ke-17 BRI Liga 1 2021/2022 sudah pasti tanpa Wilkson, karena dia sudah tidak di Persebaya lagi. Wilkson ke Persela Lamongan," ungkap Aji Santoso.

Keputusan ini tidak mengejutkan mengingat sudah banyak kritik yang diarahkan kepada Jose Wilkson selama putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022. Hasil evaluasi jajaran pelatih Persebaya membuatnya harus pergi.

"Saya juga sudah berbicara dari hati ke hati sama Wilkson, saya sangat respek kepada pemain ini, pemain ini benar-benar memiliki attitude mental yang sangat baik, dia bisa memahami," ujar Aji Santoso.

"Mudah-mudahan saya berharap Wilkson bisa sukses di tempat lain, di Persela tentunya. Kebutuhan tim aja, setelah evaluasi kebutuhan Persebaya ada di striker," imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masih Terikat Kontrak hingga Maret 2022

Sejauh ini, manajemen Persebaya Surabaya tidak menyebutkan apakah Wilkson dilepas dengan status pinjaman atau bebas transfer. Pemain bernomor punggung 84 itu sebenarnya masih memiliki kontrak bersama Persebaya sampai Maret 2022.

"Yang jelas putaran kedua dia sudah main di Persela, dipinjamkan atau apalah menurut saya sama saja karena kontraknya Wilkson di Persebaya habis sampai Maret," ucap pelatih asli Malang itu.

Wilkson didatangkan oleh Persebaya Surabaya untuk menjadi mesin gol andalan di Liga 1 musim ini. Sebelumnya, dia menghabiskan kariernya di kompetisi Brasil dan Eropa. Dua musim terakhir, Wilkson bermain untuk tim di liga teratas Malta.

Musim pertamanya di Eropa dilakoni dengan membela Sanglea Athletic. Di klub tersebut pula Wilkson bertemu dengan gelandang asal Jepang, Taisei Marukawa, yang kini juga merupakan pemain asing Persebaya.

Tampil apik bersama Sanglea membuatnya dikontrak oleh Hibernians FC. Bersama klub elit liga Malta tersebut, Wilkson merasakan atmosfer pertandingan Liga Europa musim 2020/2021. Ia mencatatkan dua penampilan dalam babak kualifikasi turnamen kasta kedua di Benua Biru itu.

 

3 dari 4 halaman

Minim Mencetak Gol

Kontribusinya sebagai striker dipertanyakan suporter Persebaya, karena minim mencetak go. Padahal, Tim asal Kota Pahlawan itu juga berstatus sebagai kontestan paling produktif di BRI Liga 1 2021/2022 dengan memasukkan 29 gol dalam 16 penampilan saja.

Justru Taisei Marukawa yang jadi pemain andalan. Winger asal Jepang tersebut telah mencetak sembilan gol dan lima assist dalam 15 penampilan. Bahkan, Marukawa mampu menjadi pencetak gol terbanyak Persebaya.

Wilkson yang merupakan striker hanya menyumbang sembilan gol dan dua assist dari 13 penampilan. Banyak yang menilai Jose Wilkson gagal memenuhi ekspektasi Bonek untuk menjadi mesin gol yang menakutkan lawan.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya di Bawah Ini:

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer