Sukses


BRI Liga 1: Peminjaman Jose Wilkson di Putaran Kedua, Bukti Persahabatan Persebaya dan Persela

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan memiliki amunisi baru untuk menghadapi persaingan sengit di putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Striker Persebaya asaal Brasil, Jose Wilkson resmi menjadi penggawa anyar Persela.

Jose Wilkson kini diharapkan menjadi tumpuan Persela Lamongan sebagai solusi lini depan. Mengingat tim berjulukan Laskar Joko Tingkir sedang berjuang menghindari posisi ancaman zona degradasi.

Fakta menarik yang terjadi adalah hubungan baik antara Persela Lamongan dan Persebaya Surabaya menjadi alasan dibalik kepindahan Wilkson. Bentuk kerukunan itu juga diikuti perpindahan pemain antarkedua tim tanpa menimbulkan cemoohan.

Sedikit menengok ke belakang, pada awal tahun 2000-an, poros Surabaya-Lamongan sempat terjadi ketegangan antara Bonekmania dengan LA Mania. Bahkan sempat terjadi gesekan yang menelan korban jiwa di antara kedua kubu.

Namun keretakan itu telah dikubur dalam-dalam. Bahkan tiap kedua tim Jatim itu berlaga Bonekmania dan LA Mania saling berkunjung di tempat pertandingan.

 

 

2 dari 4 halaman

Motivasi dan Dukungan

Info terakhir, bahkan Persebaya dengan legawa meminjamkan Jose Wilkson ke skuat Laskar Jaka Tingkir untuk putaran kedua musim ini.

Pihak Persela yang membutuhkan juru gedor mumpuni pun dengan tangan terbuka menerima kehadiran penyerang asal Brasil itu. Imbasnya, Ivan Carlos pun terpaksa harus menepi dari tim asuhan Jafri Sastra tersebut.

Dari statistik putaran pertama lalu, Wilkson tampil 13 laga mencetak enam gol dengan dua assist untuk Persebaya. Sementara Ivan Carlos hanya menyumbang empat gol bagi Persela.

"Alasan kami meminjam Jose, karena dia sudah di Indonesia dan bermain untuk Persebaya. Jadi secara Prokes COVID-19 dan adaptasi tim tak ada masalah. Kita bisa langsung memakai Jose mulai laga awal putaran kedua," kata Jafri Sastra.

Kepindahan Jose dari Surabaya ke Lamongan membuat heboh jagat maya. Namun komentar warganet lebih banyak memberi motivasi dan dukungan kepada Jose Wilkson dan Persela.

"Good luck! @wilkson11," tulis @persebayafans.27 di kolom komentar akun Instagram resmi klub @perselafc.

3 dari 4 halaman

Tetap Sejuk

Bahkan warganet juga menyorot nomor punggung 7 yang bakal dipakai Wilkson. Bagi dunia sepakbola ini merupakan nomor keramat yang dipakai para bintang klub-klub di Eropa.

Pertemuan Persela dan Persebaya pada pekan ke-8 BRI Liga 1 lalu yang berakhir imbang 1-1 juga memunculkan polemik.

Kubu Persebaya merasa dikerjai. Bajul Ijo seharusnya bisa memenangkan derby Jatim itu. Mereka memprotes gol yang dicetak Jose Wilkson telah melampaui garis gawang.

Wilkson juga sebagai aktor utama Persebaya gagal meraih tiga angka, karena tendangan penaltinya membentur gawang Persela yang dijaga Dwi Kuswanto.

Namun kekecewaan kubu Persebaya tak berlanjut. Ini dibuktikan dengan peminjaman Jose Wilkson ke Persela.

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Posisi Persela dan Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer