Sukses


BRI Liga 1: Adu Taktik Joop Gall Vs Fabio Lefundes, Arsitek PSM dan Madura United yang Kenyang Pengalaman Jadi Asisten Pelatih

Bola.com, Makassar - PSM Makassar bersua Madura United pada laga pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Sabtu (8/1/2022). Duel yang diprediksi bakal berlangsung sengit ini juga ditandai adu taktik dua pelatih yang baru berkiprah di kompetisi sepak bola Indonesia.

Keduanya adalah Joop Gall, pelatih berpaspor Belanda yang membesut PSM Makassar di putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022, dan Fabio Lefundes, juru taktik asal Brasil yang kini menangani Madura United sejak seri terakhir putaran pertama BRI Liga 1.

Joop Gall baru tiba di Makassar pada Rabu (5/1/2021) dan langsung menangani skuad Juku Eja di Lapangan Bosowa Sport Centre. Joop Gall menggantikan peran Milomir Seslija yang masa kerjanya diputus oleh manajemen PSM menyusul penampilan minor tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu.

Pada masa pergantian pelatih, Wiljan Pluim dan kolega ditangani oleh Syamsuddin Batola, sang asisten pelatih.

Sementara Fabio Lefundes, pengganti Rahmad Darmawan, sudah berada di bench Madura United pada enam laga yang dijalani timnya. Hasilnya, bersama pria kelahiran 25 Agustus 1972 itu, Madura United membukukan tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kali kalah.

Pencapaian tersebut membawa Laskar Sape Kerrab bertengger di peringkat ke-10 dalam klasemen akhir putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022 dengan koleksi 21 poin.

2 dari 4 halaman

Bersiap untuk Meraih Kemenangan

Jelang duel pertama mereka di BRI Liga 1 2021/2022 itu, kedua pelatih sudah mempersiapkan langkah untuk meraih kemenangan. Dari pihak Joop Gall, mantan pelatih Go Ahead Eagles itu menyatakan pihaknya fokus melihat kemampuan pemain untuk meracik strategi untuk tim asuhannya. Ia pun mengaku butuh tiga sampai empat laga untuk menentukan formasi yang tepat.

"Sebagai pelatih, saya tentu ingin memberikan kemenangan bagi tim dalam setiap pertandingan. Tapi, saya baru bergabung bersama tim," ujar Joop Gall.

Sementara Fabio Lefundes sudah mendapatkan cara untuk mendongkrak penampilan timnya setelah bersama Madura United dalam enam laga. Jelang duel nanti, ia lebih banyak memanfaatkan waktu untuk mengasah pemainnya dalam hal penyelesaian akhir.

Sebelumnya Fabio Lefundes membawa tim asuhannya melakukan pemusatan latihan di Kabupaten Pati. Kembalinya Greg Nwokolo yang sempat meninggalkan tim pada September 2020, diharapkan menambah ketajaman lini depan Madura United di putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022.

 

3 dari 4 halaman

Kenyang Pengalaman Sebagai Asisten Pelatih

Menariknya, sebelum berkiprah di BRI Liga 1 2021/2022, Joop Gall dan Fabio Lefundes sama-sama berstatus asisten pelatih di klub tempat mereka bekerja sebelumnya. Joop Gall mendampingi Jean Paul Gastel di Guanzhou City pada musim 2021. Sementara Fabio Lefundes bekerja sama dengan Enderson Moreira di klub Brasil, Botafogo.

Kalau ditarik lagi ke belakang, keduanya memang lebih banyak menghabiskan waktu sebagai assiten pelatih. Joop Gall yang mengawali kariernya sebagai pelatih pada 1999 ini tercatat menjadi asisten pelatih di Groningen, FC Stal Kamianske, dan Guangzhou City. Ia pernah menjadi caretaker pelatih di FC Stal Kamianske, SV Spakenburg, VV Pelikaan-S dan SV DFS.

Ketika bersatus sebagai pelatih kepala di De Vogels, BV Veendam, Go Ahead Eagles, FC Emmen, dan FC Stal Kamianske, pencapaian Joop Gall bersama klub yang ditanganinya terbilang datar.

Sedang Fabio Lefundes malah mengawali kariernya sebagai pelatih fisik di sejumlah klub, di antaranya Bangu AC, Olaria AC, Portuguesa, Americano FC, Macae EC, Madureira EC, Al-Mesaimeer, dan Jeonbuk Hyundai Motors.

Bersama klub terakhir, ia juga merangkap sebagai asisten pelatih dan sempat menjadi pelatih kepala. Selain di Jeonbuk Hyundai Motors, Fabio Lefundes juga pernah menjadi asisten pelatih di Al-Raed FC, Shandong Luneng Taishan FC, dan Botafogo.

4 dari 4 halaman

Posisi PSM dan Madura United di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer