Sukses


Robert Alberts Tanggapi Maraknya Pemecatan Pelatih Jelang Putaran Kedua BRI Liga 1

Bola.com, Bandung - Jelang putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022 banyak klub di Liga 1 yang melakukan pergantian pelatih. Setidaknya, ada 11 klub yang kini memiliki pelatih baru.

Bahkan diantaranya melakukan pergantian disaat masih mengarungi putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022. klub-klub yang melakukan pergantian pelatih antara lain, Borneo FC, Persiraja Banda Aceh, Persik Kediri.

Kemudian Madura United, Persipura Jayapura, Tira Persikabo, PSM Makassar, Persela Lamongan, Barito Putera, PSIS Semarang, dan PSS Sleman.

Tak hanya pergantian pelatih, jelang putaran kedua atau bursa transfer window sejak dibuka banyak juga klub yang melepas dan merekrut pemain baru guna menghasilkan yang lebih baik dibandingkan pada putaran pertama lalu.

Melihat banyaknya klub yang melakukan pergantian pelatih dan pemain, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts menilai hal itu merupakan wajar dilakukan dan biasa terjadi di klub seluruh dunia.

"Jadi itu tidak mengejutkan meski di Indonesia sedikit berbeda, ada banyak perpindahan dari sesama peserta kompetisi, dari satu tim ke tim lain, perpindahan pemain dari negara yang sama," ujar Robert Alberts, Jumat (7/1/2022) di Bali.

2 dari 4 halaman

Rekor?

Pergantian pelatih jelang putaran kedua BRI Liga 1 ini menurut Robert Alberts, pergantian terbanyak yang terjadi di Indonesia bahkan mungkin dunia.

"Menurut saya mungkin ini rekor di dunia, karena tidak ada di liga lain di dunia bahwa 12 pelatih dari 18 tim diganti dan tentunya ini menjadi hal serius," tegas pelatih Persib Bandung asal Belanda ini.

Dalam sepak bola profesional sambung Robert tentu butuh waktu untuk membuat tim menjadi stabil dan harus ada jalan yang perlu dilalui, seperti membentuk filosofi dan fondasi.

"Dan hanya beberapa tim saja yang tidak melakukan pergantian pelatih," seloroh pelatih berusia 67 tahun ini.

3 dari 4 halaman

Pemain Tak Kaget

Sementara itu gelandang Persib asal Palestina, Mohammed Rashid mengaku tidak kaget dengan banyaknya klub yang melakukan pergantian pemain pada putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022.

"Perpindahan pemainnya saya pikir tidak mengejutkan karena hanya pindah dari satu klub ke klub lainnya. Dan hanya ada beberapa klub saja yang mendatangkan pemain baru," cetus Rashid.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer