Sukses


Ryuji Utomo Bantu Proses Komunikasi Elkan Baggott di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, mengaku tak terkenda komunikasi selama bermain di Piala AFF 2020. Menurut Baggott, kehadiran Ryuji Utomo membantu proses komunikasinya selama membela skuad Merah Putih.

Elkan Baggott sama sekali belum fasih berbicara bahasa Indonesia. Pemain Ipswich Town itu lebih banyak berkomunikasi dengan bahasa Inggris selama membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Meski terkendala bahasa, namun itu tak dijadikan Elkan Baggott sebagai hambatan. Pemain 19 tahun itu mengaku terbantu dengan kehadiran Ryuji Utomo yang menjadi penerjemahnya karena fasih menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia.

"Dengan pemain lain yang tidak menggunakan bahasa Inggris, saya akan menyampaikannya kepada pemain lain yang mengerti. Misalnya, Ryuji. Dia bisa bicara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan baik," kata Elkan Baggott.

Meski demikian, Elkan Baggott tak minder karena Ezra Walian juga mengalami situasi yang sama. Selain itu, dia terbantu dengan keberanian pemain Timnas Indonesia yang sedikit-sedikit menggunakan bahasa Inggris.

"Ezra Walian sama dengan saya. Hanya bisa bicara sedikit bahasa Indonesia. Akan tetapi, kebanyakan pemain bisa sedikit berbicara bahasa Inggris," ujar Elkan Baggott.

2 dari 3 halaman

Siap Belajar

Elkan Baggott berjanji, akan berusaha belajar dan menggunakan bahasa Indonesia saat membela Timnas Indonesia. Langkah itu dilakukan untuk bisa menyatu dengan pemain lainnya.

"Selama saya di sini, saya akan berusaha untuk berbicara bahasa Indonesia semampu saya. Itu untuk mengakrabkan diri dengan yang lain," ucap Elkan Baggott.

Elkan Baggott tampil sebanyak lima kali pada Piala AFF 2020. Pemain Ipswich Town itu turut menyumbang satu gol untuk Tim Merah Putih.

3 dari 3 halaman

Masuk Radar Klub Jepang

Kabar mengejutkan datang dari Elkan Baggott. Pemain Timnas Indonesia itu disebut masuk dalam radar klub Jepang, FC Tokyo.

Ketertarikan FC Tokyo terhadap Elkan Baggott muncul setelah penampilannya di Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia. Baggott tampil mengesankan di lini belakang Tim Garuda.

Kehadiran Elkan Baggott diharapkan bisa membuat lini belakang FC Tokyo kukuh dan sukar ditembus. Rencana itulah yang ingin diwujudkan FC Tokyo sebelum J-League 1 2022 bergulir.

"FC Tokyo menunjukkan ketertarikan terhadap bek Ipswich Town, Elkan Baggott. Bek Timnas Indonesia itu memiliki tinggi badan, tingkat kemenangan duel udara, dan pembawaan bola yang baik," tulis akun Twitter @FCTOKYO_WATCH.

Video Populer

Foto Populer