Sukses


BRI Liga 1: Cara Rahmad Darmawan Mengatasi Tekanan di Barito Putera yang Sedang Terpuruk

Bola.com, Denpasar - Barito Putera masih berjuang melepaskan diri dari jeratan zona degradasi di papan klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. Tim berjulukan Laskar Antasari berkutat di posisi kedua paling bawah dengan nilai 15.

Poin demi poin dibutuhkan Barito Putera demi bisa segera mentas keluar dari zona merah. Termasuk dalam pertandingan hari ini melawan Persikabo 1973 di Stadion Kompyang Sujana, Selasa (18/1/2022) sore WIB.

Satu di antara hal yang dapat menjadi sosok kunci dalam permainan Barito Putera adalah Rahmad Darmawan, selaku pelatih kepala. Pengalamannya dalam meramu taktik dan strategi masih dinantikan publik Barito Putera agar bisa segera kembali di jalur kemenangan.

Seorang profesional sejati selalu siap menghadapi tantangan. Begitu pula yang dilakukan Rahmad Darmawan di Barito Putera pada BRI Liga 1 2021/2022.

Karir mantan arsitek Timnas Indonesia ini naik turun musim ini. Sempat mengakhiri kontrak bersama Madura United di putaran pertama, Rahmad Darmawan secara mengejutkan menerima pinangan RANS Cilegon FC.

Pria yang akrab disapa RD ini pun sukses mengantar klub milik artis kondang Raffi Ahmad ini promosi ke Liga 1 2022. Alih-alih menikmati zona nyaman usai bertugas di RANS United.

 

 

2 dari 4 halaman

Tantangan

Rahmad Darmawan malah berani menerima tantangan di Barito Putera yang sedang Terpuruk di kasta tertinggi Indonesia. Lalu, bagaimana RD mengatasi tekanan di Laskar Antasari?

"Ya, kita harus ikhtiar. Yang utama komposisi pemain Barito Putera harus dirombak. Alhamdulillah, manajemen mengikuti saran saya dengan mengontrak pemain baru sesuai rekomendasi saya," ucapnya.

CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman pun agresif belanja pemain. Empat pemain impor didatangkan.

Renan Alvez, Rafael Silva, Bruno Matos (Brasil) dan Kim Jin Sung (Korsel) menggantikan posisi Cassio de Jesus, Rafinha, Aleksandar Rakic, dan Azamat Baimatov.

Tiga sosok naturalisasi juga diboyong. Mereka adalah Yu Hyun Koo, Guy Junior, dan Raphael Maitimo. Kiper Kartika Aji diikat untuk palang pintu terakhir tim.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Motivasi

Rahmad Darmawan tampaknya tak hanya memilih pemain dengan skill bagus. Tapi mereka harus memiliki motivasi dan spirit kuat membantu Barito Putera bangkit dari keterpurukan.

"Setelah dapat pemain baru, kita harus bangun lagi tim dengan serius. Latihan keras, kerjasama tim, dan kebersamaan antarpemain," ujarnya.

"Kunci utama motivasi pemain. Seberat apapun tantangan, jika kami punya motivasi kuat bakal bisa melewatinya," tegas Rahmad Darmawan.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Barito Putera di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer