Sukses


Deretan Kiper Raja Clean Sheet di BRI Liga 1: Wawan Hendrawan Tetap Berada di Puncak

Bola.com, Jakarta - Penjaga gawang bisa disebut merupakan posisi dengan peran 'tersulit' dalam dunia sepak bola. Tak peduli berapapun penyelamatan yang dibuat, sebuah kesalahan yang berakhir dengan masuknya bola ke gawang akan sangat sulit dimaafkan.

Dalam statistik sepakbola, jumlah penyelamatan merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk menghitung kecakapan seorang penjaga gawang. Namun, parameter nirbobol atau biasa dikenal cleansheet merupakan sorotan utama bagi mereka.

Seorang kiper tak hanya dituntut memiliki refleks cepat untuk menghentikan tembakan lawan. Lebih dari itu, mereka wajib menjadi komando bagi pemain belakang yang berada di depannya. Komunikasi yang bagus serta intelegensi tinggi mutlak dibutuhkan.

Sejak Liga 1 bergulir pada 2017 lalu, beberapa kiper top tanah air bergantian memuncaki daftar peraih cleansheet terbanyak di setiap musimnya. Tetapi kiper Bali United, Wawan Hendrawan masih memimpin daftar ini secara total.

Kiper asal Brebes itu berhasil mengumpulkan 37 nirbobol dalam 94 penampilannya sejauh ini. Dimana puncak penampilannya datang di musim 2019 dengan membawa Serdadu Tridatu juara lewat catatan 12 clean sheet (terbanyak musim itu).

 

 

 

2 dari 4 halaman

Ancaman Jandia Eka Putra

Wawan Hendrawan boleh berada di puncak daftar peraih cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Liga 1. Tetapi di perhelatan BRI Liga 1 2021/22, penampilan kiper berusia 39 tahun tersebut masih jauh dari performa terbaiknya.

Dalam 20 pekan yang telah berjalan, Wawan bermain dalam 13 pertandingan saja dan hanya mengantongi lima cleansheet. Pertikaiannya dengan rekan satu tim, Willian Pacheco malah sempat menjadi sorotan utama.

Kiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra berhasil memanfaatkan kesempatan untuk merapatkan jarak. Delapan clean sheet yang diraihnya musim ini, melengkapi 35 nirbobol yang dibuatnya.

Catatan ini sekaligus membuat Jandia naik ke urutan kedua menggeser kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa yang baru mencatatkan 33 nirbobol. Andritany sendiri baru mengemas empat clean sheet musim ini.

3 dari 4 halaman

Daftar Kiper Clean Sheet

Deretan Kiper dengan Clean Sheet Sepanjang Masa Liga 1

  1. 1. Wawan Hendrawan (Bali United) - 37 Nirbobol
  2. Jandia Eka Putra (Semen Padang & PSIS Semarang) - 35 Nirbobol
  3. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta) - 33 Nirbobol
  4. M. Ridho (Borneo FC & Madura United) - 28 Nirbobol
  5. Teja Paku Alam (Sriwijaya FC, Semen Padang & Persib Bandung) - 26 Nirbobol
  6. Rivky Mokodompit (PSM Makassar & Persebaya Surabaya) - 26 Nirbobol
4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Persaingan Tim Favoritmu di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer