Sukses


Sejarah Pertemuan Timnas Indonesia Vs Timor Leste: Dulunya Bagian dari Provinsi, Kini Sering Berduel

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani dua laga uji coba internasional atau FIFA Matchday pada akhir Januari ini. Tepatnya pada tanggal 27 dan 30 Januari 2022.

Di dua laga itu, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste. Dua laga itu akan dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Pertemuan antara kedua negara ini punya sejarah yang menarik. Sebab, Timor Leste pernah jadi bagian dari Indonesia. Saat itu Timor Leste masih bernama Timor Timur. Mereka saat itu merupakan provinsi ke-27 di Indonesia.

Namun kini Timor Leste sudah jadi negara sendiri. Mereka benar-benar meraih kemerdekaan penuh dari Indonesia pada tahun 2002 yang lalu.

Meski sudah merdeka sejak dekade awal 2000-an, pertemuan Timnas Indonesia dan Timor Leste di level senior sepak bola baru terjadi di tahun 2010 lalu.

 

2 dari 4 halaman

Lebih Dominan

Pertemuan pertama itu terjadi di Stadion Jakabaring, Palembang. Timnas Indonesia yang sedang bersiap untuk berlaga di Piala AFF 2010, menjajal kekuatan Timor Leste.

Saat itu tim asuhan Alfred Riedl berhasil menang besar 6-0. Saat itu Cristian Gonzalez memborong dua gol. Sementara empat gol lain masing-masing dicetak Okto Maniani, Muhammad Ridwan, Bambang Pamungkas, dan Yongki Aribowo.

Setelah pertemuan itu, Indonesia dan Timor Leste pernah tiga kali bertemu. Satu di antaranya terjadi di ajang resmi yakni di Piala AFF 2018 .

Saat itu tim asuhan Bima Sakti menang dengan cara yang tidak mudah. Tim Merah-putih menang 3-1 berkat gol dari Alfath Fathier, Stefano Lilipaly, dan Beto Goncalves.

3 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

21 November 2010

  • Indonesia 6-0 Timor Leste (Uji coba)
  • Stadion Jakabaring, Palembang
  • Gol: Cristian Gonzalez (2 gol), Muhammad Ridwan, Okto Maniani, Bambang Pamungkas, Yongki Aribowo

14 November 2012

  • Indonesia 1-0 Timor Leste (Uji coba)
  • Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Gol: Bambang Pamungkas

11 November 2014

  • Indonesia 4-0 Timor Leste (Uji Coba)
  • Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Gol: Sergio Van Dijk, Zulham Zamrun, Evan Dimas, Samsul Arif

13 November 2018

  • Indonesia 3-1 Timor Leste (Fase Grup Piala AFF 2018)
  • Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Gol: Alfath Fathier, Stefano Lilipaly, Beto Goncalves, Rufino Gama.
4 dari 4 halaman

Miro Baldo Bento yang Tak Terlupakan

Ketika masih jadi bagian dari Indonesia, Timor Leste pernah melahirkan beberapa pemain hebat. Satu yang paling susah dilupakan adalah Miro Baldo Bento.

Ketika masih aktif bermain, Bento adalah sosok striker tajam. Ia pernah memperkuat beberapa klub besar Tanah Air seperti PSM Makassar, Persija Jakarta dan beberapa klub lain.

Bento pun pernah memperkuat tim nasional Indonesia. Di sepanjang kariernya, Bento punya sembilan caps di Timnas Indonesia. Ia juga punya catatan tiga gol.

Miro Baldo Bento sudah pensiun. Kini ia menukangi klub lokal Timor Leste, Boavista Futebol Clube Timor Leste.

Video Populer

Foto Populer