Sukses


Menanti Trio Gelandang Persebaya Jadi Andalan di Lini Tengah Timnas Indonesia

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia tidak mendapat tantangan baru dalam FIFA Matchday 24 Januari-1 Februari 2022. Tim berjuluk Skuad Garuda itu hanya akan melawan Timor Leste yang kualitasnya jauh di bawah.

Timnas Indonesia bakal beruji coba dua kali dengan Timor Leste pada 27 dan 30 Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Yang terdekat, duel itu akan digelar pada Kamis (27/1/2022) malam.

Bicara Piala AFF 2020, Timnas Indonesia berstatus runner-up setelah kalah 2-6 secara agregat dari Thailand pada laga puncak. Sedangkan Timor Leste tersingkir di babak penyisihan akibat menjadi juru kunci Grup A.

Timnas Indonesia sudah tentu jauh lebih unggul dari Timor Leste jika menilik ranking FIFA terkini. Evan Dimas dkk. menempati peringkat ke-164 dengan 992,31 poin per 23 Desember 2021.

Adapun Timor Leste berada di posisi ke-196 dengan 873,13 poin dan menjadi negara terburuk keempat dalam ranking FIFA untuk kawasan Asia.

Mayoritas pemain yang masuk skuad untuk laga uji coba merupakan anggota Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Adapun pembedanya ada tambahan enam wajah baru yang makin menambah kualitas skuad Garuda.

Mereka adalah Muhammad Adisatryo (Persik), Achmad Figo (Arema FC), Sani Rizki (Bhayangkara FC), Terens Puhiri (Borneo FC), Marselino Ferdinan (Persebaya) dan Ronaldo Kwateh (Madura United). Pemanggilan nama-nama di atas diyakini untuk menambah kualitas permainan Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Kontribusi Rian dan Ricky

Ada yang menarik dari komposisi lini tengah Timnas Indonesia kali ini, yakni keberadaan para pemain Persebaya Surabaya. Klub asal Kota Pahlawan itu makin menambah kental kekuatan para gelandang di Tim Merah-Putih.

Selama Piala AFF 2020, lini tengah Timnas Indonesia mengandalkan trio Rachmat Irianto, Evan Dimas, dan Ricky Kambuaya. Mereka sukses membuat barisan tengah berjalan dan menghidupkan permainan dengan baik

Kolaborasi pemain asli Surabaya, Rachmat Irianto dan Evan Dimas. Nama terakhir pernah membela Persebaya, tapi, kini dia sudah hengkang dan sedang berseragam Bhayangkara FC.

Jika berbicara tentang Irianto, sosok satu ini juga mampu meredam serangan lawan dengan tugasnya sebagai gelandang bertahan. Rian, sapaannya, dibekali kemampuan melakukan tekel bersih, intersep, hingga sapuan setelah membaca pergerakan lawan.

Ricky Kambuaya juga tak kalah ciamiknya. Sejauh ini, dia sudah tampil dalam 12 pertandingan dan berhasil menyumbang tiga gol. Pergerakannya di lini tengah sangat mematikan dengan umpan-umpan terukur hingga tembakan dari jarak jauh.

Sebelum Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya sudah membukukan dua gol dalam empat penampilan Timnas Indonesia. Performa impresif itu kemudian membawanya berkesempatan tampil di turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Ricky masih tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia. Mampu mengalirkan bola dengan baik di lapangan tengah, kemampuannya dalam mendribel dan melepas tembakan juga sangat membantu Evan Dimas dkk.

3 dari 3 halaman

Marselino Jadi Pelengkap

Kini, nama baru dari Persebaya juga akan menambah kekuatan Timnas Indonesia. Dia adalah Marselino Ferdinan, pemain yang tidak masuk skuad di Piala AFF 2020. Pemain berusia 17 tahun itu sebenarnya bukan wajah baru di skuad Timnas Indonesia.

Karier Marselino Ferdinan melejit ketika membela skuat Timnas Indonesia U-16 di bawah arahan Bima Sakti. Duel melawan Timor Leste akan menjadi debutnya bersama Timnas Indonesia senior di usia yang masih sangat belia.

Saat tampil di BRI Liga 1 2021/2022, sosok satu ini sudah menjadi pemain yang secara reguler masuk starting eleven Persebaya. Total sudah empat gol dan lima assist yang disumbang oleh pemain berusia 17 tahun itu dalam 15 penampilan BRI Liga 1.

Kontribusi Marselino Ferdinan tidak sebatas pada pergerakannya yang membuat lawan kian waspada. Tidak juga hanya tembakannya yang membahayakan. Tapi, umpan-umpan setelah dribel juga kerap mengejutkan lawan.

Tidak mengherankan melihat mantan pemain Persebaya U-16 itu mampu berkontribusi penting untuk Persebaya. Nama Marselino Ferdinan tercantum dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia yang dirilis oleh media Inggris, The Guardian, pada 6 Oktober 2021 lalu.

Marselino Ferdinan biasanya menempati posisi gelandang serang. Dia pemain yang ditugaskan memberi kejutan dengan kemampuannya melepas tembakan jarak jauh dengan keras menghadapi Timor Leste nanti.

Video Populer

Foto Populer