Sukses


6 Pergantian Pemain Timnas Indonesia Kontra Timor Leste: Respons Cepat Shin Tae-yong dan Panggung bagi Para Debutan

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Timor Leste dalam pertandingan uji coba internasional yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). Kemenangan tersebut diraih oleh Tim Garuda dengan tidak mudah, di mana tim asuhan Shin Tae-yong itu sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Gawang Timnas Indonesia kebobolan dulu pada menit ke-34 lewat aksi Paulo Gali. Pemain bernomor punggung 21 itu memaksimalkan serangan balik cepat Timor Leste dan mengecoh Alfeandra Dewangga hingga akhirnya menjebol gawang Tim Garuda yang dikawal Syahrul Trisna.

Keunggulan 1-0 yang dimiliki Timor Leste bertahan hingga 20 menit babak kedua berlangsung. Gelandang Tim Garuda, Ricky Kambuaya, akhirnya membawa timnya menyamakan skor pada menit ke-65 lewat tendangan kaki kiri keras yang dilepaskannya.

Setelah itu, Timnas Indonesia seakan mulai menguasai lagi jalannya pertandingan. Eksekusi penalti Pratama Arhan pada menit ke-72 membawa Tim Garuda berbalik unggul dan membuat mentalitas pemain Timor Leste turun.

Hal tersebut terbukti saat terciptanay dua gol tambahan Timnas Indonesia pada menit ke-77 dan 79'. Dua gol itu merupakan gol bunuh diri sang kiper, Georgino Mendonca da Silva, dan bek Filomeno Junior.

Menariknya, kedua gol bunuh diri tersebut lahir berkat kontribusi nyata Pratama Arhan yang sebelumnya mencetak gol dari titik putih. Bek sayap kiri Timnas Indonesia itu melepaskan lemparan ke dalam yang berbuah gol bunuh diri Mendonca Da Silva, serta umpan silang dari kiri yang berbuah gol bunuh diri Filomeno.

2 dari 3 halaman

Pergantian Cepat 3 Pemain di Awal Babak Kedua

Tertinggal 0-1 di babak pertama, di mana Timnas Indonesia sebenarnya lebih mendominasi serangan dan mendapatkan sejumlah peluang, tentu menjadi masalah bagi Shin Tae-yong. Pelatih Korea Selatan itu bahkan mengaku tidak segan menegur para pemainnya saat di ruang ganti karena permainan di babak pertama.

"Saya menegur keras pemain setelah babak pertama selesai," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan berakhir.

Shin Tae-yong langsung membuat tiga pergantian pemain pada awal babak kedua. Penampilan yang tidak mengesankan dari Edo Febriansyah, Dedik Setiawan, dan Ramai Rumakiek membuat pelatih Korea Selatan itu tak menunggu lebih lama lagi untuk menarik keluar ketiganya.

Shin Tae-yong memasukkan Pratama Arhan, Hanis Saghara Putra, dan Ronaldo Kwateh sebagai pengganti ketiga pemain tersebut. Dampaknya cukup bagus, Pratama Arhan tak hanya mampu mengatasi sisi sayap kiri pertahanan, tapi juga memberikan kontribusi nyata untuk tiga gol terakhir Tim Garuda.

Begitu pun dengan Ronaldo Kwateh. Pemain yang menjalani debut bersama Timnas Indonesia dalam pertandingan ini sukses mencetak assist ketika melanjutkan umpan panjang Evan Dimas kepada Ricky Kambuaya yang berbuah gol pertama Tim Garuda.

Setelah tiga pergantian pemain pada awal babak kedua, Shin Tae-yong kemudian memasukkan tiga pemain lagi secara bergelombang. Marselino Ferdinan masuk pada menit ke-66 untuk menggantikan Evan Dimas, kemudian Irfan Jaya ditarik keluar dan digantikan oleh Terens Puhiri pada menit ke-80, serta Rachmat Irianto ditarik dan digantikan Achmad Figo pada menit ke-87.

3 dari 3 halaman

Aksi Para Debutan

Dalam pertandingan ini, Shin Tae-yong memberikan kepercayaan kepada Sani Rizki Fauzi untuk menjalankan debutnya bersama Timnas Indonesia sekaligus menjadi pengganti peran penting Asnawi Mangkualam Bahar di sisi kanan pertahanan.

Permainan yang diperlihatkan oleh Sani Rizki sejak awal laga tampaknya membuat Shin Tae-yong puas. Terbukti hingga laga usai, pemain Bhayangkara FC ini tidak ditarik keluar lapangan.

Sementara itu, empat pemain debutan lain baru mendapatkan kesempatan pada babak kedua. Ronaldo Kwateh masuk sejak awal babak kedua dan berhasil memberikan assist untuk gol pertama Tim Garuda yang dicetak Ricky Kambuaya.

Setelah itu, Marselino Ferdinan, Terens Puhiri, dan Achmad Figo mulai masuk lapangan satu per satu. Permainan ketiganya juga terbilang cukup baik.

Dengan sudah bermainnya lima pemain debutan tersebut, kini tinggal Bayu Fiqri, bek muda Persib Bandung, yang masih menunggu giliran untuk bermain dari Shin Tae-yong.

Bukan tidak mungkin laga kontra Timor Leste yang kedua pada Minggu (30/1/2022) akan menjadi momen bagi Bayu Fiqri untuk unjuk gigi bersama Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer