Sukses


Gambaran Formasi Timnas Indonesia dengan Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan: 2 Anak Muda Penuh Talenta

Bola.com, Gianyar - Dua pemain muda baru saja menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Keduanya adalah Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timor Leste 4-1 dalam uji coba periode FIFA Matchday pada Kamis (27/1/2022) malam WIB di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Ronaldo bermain lebih dulu pada paruh kedua. Dia masuk pada menit ke-46 menggantikan Ramai Rumakiek. Sementara Marselino bertukar tempat dengan Evan Dimas menit ke-66.

Ronaldo juga memecahkan rekor Asnawi Mangkualam sebagai pemain termuda di Timnas Indonesia. Dia berusia 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari ketika tampil pada hari itu.

Adapun, Asnawi berumur 17 tahun, 5 bulan, dan 17 hari ketika pertama kali beraksi untuk Timnas Indonesia melawan Myanmar pada 21 Maret 2017.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memainkan pola 4-2-3-1 ketika mengatasi Timor Leste. Nama-nama langganan semodel Ricky Kambuaya, Alfeandra Dewangga, hingga Irfan Jaya menjadi starter.

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Syahrul Fadil; Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Irfan Jaya, Evan Dimas, Ramai Rumakiek; Dedik Setiawan

Ketika Ronaldo dan Marselino masuk, pakem Skuad Garuda terlihat tidak berubah. Penampilan keduanya terbilang memuaskan dengan status sebagai pemain debutan.

Timnas Indonesia akan kembali beruji coba dengan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Minggu (30/1/2022) malam WIB. Lantas, bagaimana formasi Skuad Garuda jika Ronaldo dan Marselino menjadi pemain inti?

2 dari 5 halaman

Ulasan Ronaldo Kwateh

Ketika keduanya masuk, pakem Skuad Garuda terlihat tidak berubah. Ronaldo bermain sebagai winger kiri, sementara Marselino menjadi gelandang serang.

Saat melawan Timor Leste, Timnas Indonesia bermain buruk pada babak pertama. Begitu Ronaldo masuk, permainan tim berjuluk Skuad Garuda itu perlahan berubah. Ronaldo menyisir sisi kanan pertahanan Timor Leste.

Ronaldo beberapa kali merepotkan lini pertahanan Timor Leste. Ketimbang Ramai, permainan wonderkid Madura United itu terlihat lebih efektif. Dia kerap mengelabui pemain lawan lewat penetrasinya.

Begitu pula ketika Marselino diturunkan. Lini tengah terbilang lebih hidup. Gelandang Persebaya Surabaya itu mampu memberikan warna lain dalam permainan Timnas Indonesia.

Untuk uji coba kedua, Ronaldo tidak hanya dapat dimainkan sebagai winger kiri. Bomber berdarah Liberia itu juga bisa dijadikan alternatif penyerang tengah.

Lini depan Timnas Indonesia masih menjadi penyakit akut. Dedik Setiawan yang diberikan kesempatan sebagai striker gagal membayar kepercayaan Shin Tae-yong dengan baik. Begitu pula Hanis Saghara. Keduanya minim kontribusi bagi Skuad Garuda.

Ronaldo bukan striker yang manja. Dia punya skill individu untuk melewati lawan. Dribelnya juga cukup menawan. Ronaldo pun rajin membuka ruang. Ketimbang membuang-buang waktu dengan Dedik dan Hanis, Ronaldo menjadi pilihan realistis bagi Shin Tae-yong.

 
3 dari 5 halaman

Ulasan Marselino Ferdinan

Sinar Marselino memang belum seterang Ronaldo ketika melawan Timor Leste. Namun, pemain kelahiran Jakarta itu layak diberikan kesempatan sebagai starter.

Marselino dapat mengisi tempat Evan Dimas di lini tengah Timnas Indonesia. Kualitas dari nama terakhir mulai diragukan. Saat di Piala AFF 2020, Evan berubah peran menjadi pemain cadangan.

Sebagai gelandang serang, Marselino berkemampuan lengkap. Selain mahir menggocek lawan, ia juga produktif dan pintar mengalirkan bola.

Tengok saja statistik jempolan Marselino di BRI Liga 1 2021/2022. Dia sudah membukukan empat gol dan lima assist dalam 15 penampilannya bersama Persebaya.

Keberadaan Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto di lini tengah Timnas Indonesia bakal membuat pekerjaannya lebih mudah. Maklum, kedua pemain itu adalah kompatriotnya di Persebaya.

 
4 dari 5 halaman

Pakem Timnas Indonesia dengan Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Ernando Ari; Sani Rizki, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Irfan Jaya, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek; Ronaldo Kwateh

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Timnas Indonesia Vs Timor Leste

  • Minggu, 30 Januari 2022
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar
  • Kick-off 19.00 WIB
  • Live Indosiar dan Live Streaming Vidio

Video Populer

Foto Populer