Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Menang, Taisei Marukawa Tetap Butuh Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan

Bola.com, Denpasar - Taisei Marukawa menjadi aktor penting di balik kemenangan 1-0 Persebaya Surabaya atas PSS Sleman pada pekan ke-21 BRI Liga 1. Marukawa adalah pencetak gol tunggal kemenangan Persebaya.

Kendati demikian, pemain berpaspor Jepang itu kesulitan mengembangkan permainan dalam laga yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (29/1/2022) malam WIB.

Sebab, dia terpaksa tampil tanpa keberadaan dua gelandang Persebaya lainnya, yakni Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan yang membela Timnas Indonesia.

Taisei Marukawa pun harus berjuang menjadi tumpuan Tim Bajul Ijo demi memetik tiga angka. Tak banyak yang bisa diperbuatnya tanpa Kambuaya dan Marselino yang selama ini membantu mengalirkan bola kepadanya.

"Kami membutuhkan pemain-pemain ini. Sangat sulit tanpa mereka (Kambuaya dan Marselino)," kata Taisei Marukawa.

"Kami bermain menyerang. Terkadang, saya bisa bermain di posisi 10 (gelandang serang), untuk kondisi tertentu. Jadi oke, saya bisa main," ucap winger Persebaya Surabaya itu. 

 

2 dari 4 halaman

Akibat Kesalahan Kiper PSS

Gol pemain berusia 24 tahun itu tidak lepas dari kesalahan kiper PSS Sleman, Miswar Saputra, yang baru menerima backpass dari Bagus Nirwanto. Miswar malah mengembalikannya dengan umpan pendek saat ada banyak pemain Persebaya di area pertahanan PSS.

Pemain Persebaya Surabaya lainnya, Bruno Moreira, kemudian mampu mencurinya dan masuk ke kotak penalti. Sempat menyisir sisi kiri, Bruno mengirim umpan tarik yang langsung diselesaikan dengan mudah menjadi gol oleh Taisei Marukawa.

Marukawa tampil penuh selama 90 menit pada laga ini. Sebenarnya, sudah tidak banyak aksi individu yang dilakukannya. Maklum, pemain asal Jepang itu seperti mendapat pengawalan ketat sehingga tidak bebas bergerak.

Publik mulai menyangsikan performanya karena kehilangan mitra di lapangan, yakni gelandang serang Marselino Ferdinan, yang harus membela Timnas Indonesia. Selama ini, Marukawa dan Marselino adalah duet mematikan dalam sektor penyerangan Persebaya.

Tapi, Taisei Marukawa membuktikan dirinya masih bisa memberi kontribusi optimal. Peran Marselino diganti oleh Bruno Moreira yang biasanya bermain sebagai winger. Bruno mampu mengatur ritme permainan Persebaya.

 

3 dari 4 halaman

Tampil Kurang Oke

Taisei Marukawa sebenarnya tidak terlalu banyak membukukan statistik dalam menyerang. Dia hanya menorehkan tiga tembakan dan satu umpan kunci. Kelincahan dalam mendribel bola mulai berkurang karena terbatasnya pergerakan.

"Saya senang bisa mencetak gol lagi dan kami memenangkan pertandingan. Saya tahu ini pertandingan yang berat karena kami kehilangan beberapa pemain. Kami menang 1-0, tapi ini sudah kemenangan yang sangat penting," ungkap Marukawa.

Yang berbeda dari laga ini adalah saat pemain bernomor punggung 10 itu kerap membantu timnya bertahan. Marukawa tidak segan turun ke sisi kanan pertahanan Persebaya dan berupaya membatasi kemungkinan lawan melepas tembakan atau mengirim umpan.

Satu golnya pada laga ini sudah cukup menjadi bukti nyata Marukawa belum kehabisan bensin. Meski tak banyak muncul di lapangan, dia nyatanya masih mampu menyumbang gol yang menjadi penentu kemenangan timnya.

Taisei Marukawa kini sudah tercatat membukukan 12 gol dan tujuh assist dalam 20 penampilan bersama Persebaya di BRI Liga 1. Torehan itu masih jadi yang terbanyak di Bajul Ijo. Statusnya adalah top scorer alias pencetak gol terbanyak tim.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer