Sukses


BRI Liga 1: Ultah ke-25, Taisei Marukawa Masih Jadi yang Terbaik di Persebaya

Bola.com, Denpasar - Winger Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa merayakan hari ulang tahunnya tepat pada hari ini, Minggu (30/1/2022). Pemain asal Jepang itu telah menginjak usia 25 tahun.

Teranyar, Taisei Marukawa mempersembahkan kemenangan untuk Persebaya atas PSS Sleman dengan skor 1-0 pada pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (29/1/2022). Bahkan, dia menjadi penentu kemenangan lewat gol tunggalnya dalam laga yang berlangsung sehari jelang ultahnya itu.

Raihan tiga poin sekaligus gol penting itu seolah menjadi kado istimewa Taisei Marukawa dalam perayaan ulang tahun kali ini. Dia tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya dengan performa timnya yang masih konsisten.

“Saya senang bisa mencetak gol lagi dan kami memenangkan pertandingan. Saya tahu ini pertandingan yang berat karena kami kehilangan beberapa pemain. Kami menang 1-0, tapi ini sudah kemenangan yang sangat penting,” ungkap Marukawa.

Satu gol ke gawang PSIS Semarang ini telah membuktikan peran penting Taisei Marukawa bagi Persebaya. Winger bernomor punggung 10 itu adalah pemain kunci sekaligus motor serangan andalan bagi tim berjulukan Bajul Ijo.

 

 

2 dari 4 halaman

Tak Terbendung

Sebelum laga, publik mulai menyangsikan performanya karena kehilangan mitra di lapangan, yakni gelandang serang Marselino Ferdinan, yang harus membela Timnas Indonesia. Selama ini, Marukawa dan Marselino adalah duet mematikan dalam sektor penyerangan Persebaya.

Tapi, Taisei Marukawa membuktikan bahwa dirinya masih bisa memberi kontribusi optimal. Peran Marselino diganti oleh Bruno Moreira yang biasanya bermain sebagai winger. Bruno mampu mengatur ritme permainan Persebaya.

Taisei Marukawa juga sebenarnya tidak terlalu banyak membukukan statistik dalam menyerang. Dia hanya menorehkan tiga tembakan dan satu umpan kunci. Kelincahan dalam mendribel bola mulai berkurang karena terbatasnya pergerakan.

3 dari 4 halaman

Bantu Pertahanan

Taisei Marukawa tampil penuh selama 90 menit di laga ini. Sebenarnya, sudah tidak banyak aksi individu yang dilakukannya. Maklum, dia itu seperti mendapat pengawalan ketat sehingga tidak bebas bergerak.

Satu hal yang berbeda dari laga ini adalah saat pemain bernomor punggung 10 itu kerap membantu timnya bertahan. Marukawa tidak segan turun ke sisi kanan pertahanan Persebaya dan berupaya membatasi kemungkinan lawan melepas tembakan atau mengirim umpan.

Satu golnya di laga ini sudah cukup menjadi bukti nyata bahwa Marukawa belum kehabisan bensin. Meski tak banyak muncul di lapangan, dia nyatanya masih mampu menyumbang gol yang menjadi penentu kemenangan timnya.

Taisei Marukawa kini sudah tercatat membukukan 12 gol dan tujuh assist dalam 20 penampilan bersama Persebaya di BRI Liga 1. Torehan itu masih jadi yang terbaik di antara para pemain Bajul Ijo. Statusnya adalah top scorer alias pencetak gol terbanyak tim.

4 dari 4 halaman

Lihat Persaingan Tim Favoritmu di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer