Sukses


Kenangan Spesial Fachruddin Aryanto Bersama Timnas Indonesia: Menangis di Semifinal Piala AFF 2016

Bola.com, Jakarta - Fachruddin Wahyudi Aryanto bisa dikatakan sebagai pemain paling konsisten di Timnas Indonesia untuk saat ini. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu masih dipakai di skuad Timnas Indonesia sejak menjalani debut di tahun 2012.

Fachruddin Aryanto juga punya rekor menarik bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF. Sejauh ini dirinya selalu dipanggil ke skuad Tim Merah-putih dalam lima gelaran terakhir Piala AFF.

Dimulai dari Piala AFF edisi 2012, 2014, 2016, 2018, dan Piala AFF 2020 lalu. Fachruddin yang kini masih konsisten jadi andalan di level klub pun bisa saja kembali dipanggil pada gelaran Piala AFF 2022 mendatang.

Namun, ada satu ajang Piala AFF yang sulit dilupakan oleh Fachruddin. Yakni pada Piala AFF 2016 lalu. Tepatnya di laga leg kedua babak semifinal.

Saat itu Timnas Indonesia hanya berbekal kemenangan 2-1 atas Vietnam di leg pertama. Kalah 0-1 saja di Hanoi, laju tim asuhan Alfred Riedl pun akan otomatis terhenti.

 

 

2 dari 3 halaman

Mental Luar Biasa

Pada laga itu, Indonesia sempat unggul lebih dulu di laga itu lewat gol Stefano Lilipaly di menit ke-54. Namun, Vietnam yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-76 justru mampu membalikkan kedudukan.

Mereka berhasil mencetak dua gol lewat Vu Van Thanh di menit ke-83. Kemudian gol dari Vu Minh Tuan di menit ketiga injury time babak kedua. Vietnam pun memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Beruntung di babak tambahan itu Indonesia berhasil mencetak satu gol lewat eksekusi penalti sempurna, Manahati Lestusen. Indonesia mendapatkan penalti setelah Ferdinan Sinaga diganjal di area terlarang.

"Piala AFF 2016 kita lolos final AFF setelah tahan imbang Vetnam di kandang mereka," ujar Fachruddin di kanal You Tube Tiento Indonesia baru-baru ini.

"Mungkin semua orang menilai kami akan kalah karena saat itu Vietnam memang kuat. Saya nangis setelah pertandingan itu. Saya agak nggak percaya kita lolos ke final karena di leg pertama kita kesulitan, sempat khawatir juga sebelum laga," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Rasakan Dua Kali Final

Sepanjang keikutsertaannya di lima ajang Piala AFF, Fachruddin Aryanto mampu menembus babak final sebanyak dua kali. Yakni pada edisi Piala AFF 2016 dan 2020.

Namun, di dua ajang itu Fachruddin masih belum beruntung. Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah ini masih belum bisa membawa Indonesia meraih gelar juara.

Menariknya di dua laga itu, Indonesia selalu kalah dari Thailand. Di final 2016, Indonesia kalah 3-2 dari Thailand secara agregat.

Sementara di Piala AFF 2020 yang digelar akhir 2021 hingga awal 2022 lalu, Indonesia kalah 2-6 secara agregat dari The War Elephant (julukan Timnas Thailand).

Sumber: Youtube Tiento Indonesia

Video Populer

Foto Populer