Sukses


Kiprah Para Pemain Anyar Timnas Indonesia dalam Laga FIFA Matchday Kontra Timor Leste: Butuh Jam Terbang Lebih

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia baru saja menggelar dua kali uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Timor Leste di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, pada 27 dan 30 Januari 2022.

Hasilnya, Timnas Indonesia dua kali menaklukkan Timor Leste dengan skor 4-1 pada pertemuan pertama dan 3-0 di pertandingan kedua. Hasil yang positif setelah berjibaku di ajang Piala AFF 2020.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kembali memainkan sebagian besar penggawanya yang tampil di Piala AFF kemarin. Namun sejumlah muka baru juga dijajal oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Nama seperti Sani Rizki Fauzi, Terens Puhiri, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan Achmad Figo menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada pertandingan kontra Timor Leste. Rata-rata mereka tampil apik dan mencuri perhatian Shin Tae-yong.

Dengan mendapat jam terbang di level senior, mereka bakal menjadi aset penting bagi kiprah Timnas Indonesia di masa mendatang. Yuk simak performa para debutan di Timnas Indonesia versi Bola.com:

 

 

2 dari 5 halaman

Ronaldo Kwateh

Sosok Ronaldo Kwateh menjadi pemain pengganti pada uji coba pertama. Pemain 17 tahun ini dipercaya menjadi pengganti Ramai Rumakiek yang tidak tampil dalam performa terbaik.

Aksi-aksi Ronaldo di sisi kiri belum terlalu dominan. Kendati demikian lawan tampak menaruh perhatian setiap Ronaldo menguasai bola. Tak jarang Ronaldo harus mendapat pelanggaran dari lawan yang berusaha menghentikannya.

Ronaldo Kwateh kemudian diberikan kepercayaan sebagai starter pada uji coba kedua. Shin Tae-yong mencoba memaksimalkan perannya selama 82 menit pertandingan sebelum ditarik keluar dan digantikan Dedik Setiawan.

3 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Pemain muda Indonesia yang saat ini sedang moncer bersama Persebaya di BRI Liga 1. Lantas Shin Tae-yong memberikan kesempatan untuk Marselino masuk dan mencicipi pengalaman bersama Timnas Indonesia.

Pada laga pertama kontra Timor Leste, pemain berusia 17 tahun ini menjadi pengatur serangan menggantikan Evan Dimas pada pertengahan babak kedua. Sentuhannya dalam mengalirkan bola menjadi warna baru dalam skuad Merah-putih.

Lantas Shin Tae-yong memberinya kesempatan di partai kedua untuk turun sejak menit pertama, bahkan tampil hingga pertandingan selesai.

4 dari 5 halaman

Terens Puhiri

Pemain yang memiliki kecepatan berlari dan lincah tak luput dari perhatian Shin Tae-yong. Penggawa Borneo FC ini juga sudah dua kali merasakan pengalaman melawan Timor Leste.

Ia menjadi pemain pengganti pada pertemuan pertama, menggantikan Irfan Jaya. Namun di laga kedua, Terens Puhiri tampil sebagai starter sejak menit pertama.

Hasilnya tak mengecewakan, karena Terens Puhiri berhasil mencetak gol pertama ke gawang Timor Leste pada menit kelima. Sekaligus menjadi koleksi pertamanya di Timnas. Ia juga tampil penuh selama 90 menit.

5 dari 5 halaman

Achmad Figo

Bek muda Arema FC, Achmad Figo, tengah merasakan momen istimewa dalam karier sepak bolanya. Pemain berusia 20 tahun itu baru saja menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia dalam laga uji coba internasional kontra Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022).

Achmad Figo masuk pada menit ke-87 menggantikan Rachmat Irianto. Hanya sekitar lima menit memang ia bermain dalam laga debutnya bersama Timnas Indonesia.

Bahkan bisa dihitung dengan jari kesempatannya mendapatkan bola. Namun, itu sangat berarti baginya karena ini memang hal yang sudah dimimpikannya sejak kecil.

Video Populer

Foto Populer