Sukses


Belajar dari YouTube, Cyrus Margono Jadikan David de Gea dan Iker Casillas sebagai Mentor

Bola.com, Athena - Kiper Panathinaikos, Cyrus Margono, kembali membuat heboh masyarakat Indonesia. Pemain keturunan Indonesia itu membuat geger setelah melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Yunani di Athena pada 28 Januari 2022.

Kehadiran Cyrus Margono diketahui atas undangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Yunani, Bebeb Abdul Kurnia Nugraha Djundjunan. Pertemuan tersebut menimbulkan wacana di publik akan kesiapan Cyrus Margono untuk membela Timnas Indonesia.

Cyrus Margono saat ini bergabung dengan Panathinaikos B yang berkompetisi di Super League Greece 2 atau kasta kedua Liga Yunani. Cyrus mengaku banyak belajar dari David de Gea dan mantan penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas, melalui tayangan di YouTube.

"Role model saya? Saat tumbuh dewasa, saya menonton cuplikan penampilan David de Gea di YouTube setiap minggunya. Saya juga sering menyaksikan Casillas," kata Cyrus Margono dalam wawancaranya dengan media Yunani, Prasinostypos, pada September 2021.

"Sebagai kiper, saya cukup cepat, mempunyai keseimbangan yang bagus, dan saya suka menggunakan kaki saya untuk membangun serangan dali belakang," ucap kiper kelahiran Amerika Serikat itu.

Cyrus Margono berasal dari ayah yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan ibu berkebangsaan Iran. Saat ini, Cyrus memiliki dua paspor yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tak Perlu Dinaturalisasi

Cyrus Margono tak perlu mengikuti program naturalisasi bila ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) agar bisa membela Timnas Indonesia pada masa depan. Cyrus bisa mengikuti jejak Elkan Baggott yang juga memiliki darah langsung Indonesia.

Cyrus Margono cukup memilih untuk menjadi WNI seperti yang dilakukan Elkan Baggott pada 2021. Setelah itu, nantinya Cyrus Margono akan mendapatkan KTP dan paspor Amerika Serikat miliknya langsung dicabut.

Seperti diketahui, Indonesia tidak mengenal sistem dobel kewarganegaraan sehingga harus memilih satu di antaranya. Cyrus Margono pun menyambut antusias kesempatan menjadi WNI dengan kode yang diberikannya di Instagram berupa "Sebentar lagi. #KitaGaruda,"

3 dari 3 halaman

Catatan Karier

Cyrus Margono mengawali karier sepak bolanya saat memebla tim sepak bola University of Denver Athletics pada 2019. Kemudian, Cyrus pindah ke University of Kentucky (UK) Athletics setahun berselang.

Pada pertengahan 2015, Cyrus Margono pernah mengenyam pengalaman berharga dengan menunjukkan skill-nya di Akademi Inter Milan selama dua pekan. Pada 2021, Cyrus Margono membuat gempar Indonesia setelah bergabung dengan klub Yunani, Panathinaikos.

Cyrus menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun. Namun, Cyrus Margono tidak diprioritaskan untuk tim senior, melainkan bakal memperkuat Panathinaikos B yang berkompetisi di Super League Greece 2 atau kasta kedua Liga Yunani.

Video Populer

Foto Populer