Sukses


Deretan Penggawa Timnas Indonesia U-23 Asal Jateng-DIY: Potensial dan Pegang Peran Kunci Hadapi Piala AFF U-23 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 sedang menjalani pemusatan latihan di Bali. Sebanyak 29 nama pemain pilihan pelatih Shin Tae-yong itu sedang disiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-23 2022.

Piala AFF U-23 2022 sendiri bakal berlangsung di Kamboja. Ajang itu mulai bergulir pada 14 Februari 2022 dan berakhir pada 26 Februari di 2022.

Dari 29 nama pilihan Shin Tae-yong, terdapat pemain yang berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Satu pemain yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ada pula empat pemain yang berasal dari Jawa Tengah.

Adalah Ronaldo Kwateh yang jadi satu-satunya wakil DIY di skuad Shin Tae-yong saat ini. Sementara Jawa Tengah ada empat wakil yakni Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Syahrian Abimanyu, dan Bagas Kaffa.

Jika melihat kemampuan kelimanya, juga peran mereka di klub masing-masing, lima pemain ini bisa memiliki peran penting di skuad Timnas Indonesia U-23 pada Piala AFF U-22 tahun ini. Bola.com akan membahas satu persatu dari lima pemain tersebut.

 

 

2 dari 6 halaman

Bagas Kaffa

Pemain bernama lengkap Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi sudah menunjukkan potensi luar biasa saat masih memperkuat Timnas Indonesia U-16. Sejak di Timnas level tersebut, Bagas menunjukkan sebagai bek sayap ofensif yang sangat menjanjikan.

Kini di usianya yang sudah 20 tahun, Bagas kian terlihat matang. Pemain kelahiran Magelang itu adalah andalan utama Barito Putera di posisi bek sayap kanan.

Di ajang BRI Liga 1 2021/22, Bagas sudah bermain 22 kali untuk Barito. Artinya ia hanya absen sekali saja membela klub tersebut di musim ini. Selain itu, Bagas Kaffa juga sudah mencetak satu gol dan dua assist di BRI Liga 1 musim ini.

Dibandingkan dengan Achmad Figo dan Bayu Fiqri yang punya posisi sama, Bagas terbilang lebih berpengalaman. Shin Tae-yong patut memberikan posisi inti bek kanan pada saudara kembar Bagus Kaffi ini.

3 dari 6 halaman

Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga adalah sosok pemain unik yang saat ini dimiliki Indonesia. Posisi aslinya adalah bek tengah, namin ia bisa jadi distributor bola yang baik.

Selain itu, pemain kelahiran Semarang ini juga bisa dimainkan di posisi gelandang bertahan. Tak hanya itu, Dewangga juga dibekali kemampuan menendang yang baik.

Di usianya yang masih 20 tahun, Dewangga juga sudah berpengalaman di level internasional. Sejauh ini pemain PSIS Semarang itu bahkan sudah punya 11 caps di Timnas Indonesia senior.

Shin Tae-yong tampaknya bakal kembali mengandalkan Dewangga di posisi bek tengah pada Piala AFF U-23 2022 nanti. Sama seperti di Piala AFF 2020 lalu.

4 dari 6 halaman

Pratama Arhan

Satu kemampuan yang masih harus ditingkatkan dari pemain kelahiran Blora ini adalah dalam bertahan. Selain itu, Pratama Arhan yang kerap bermain di posisi bek kiri punya kemampuan luar biasa.

Ia punya kecepatan, tendangan kaki kiri yang keras, juga lemparan kedalam yang keras dan terukur. Berkali-kali Arhan sudah memperlihatkan kemampuannya itu.

Di Piala AFF U-23 nanti, kemampuan Arhan bakal kembali diuji. Kini banyak orang sudah menyadari kemampuan yang ia miliki.

5 dari 6 halaman

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu membuat kejutan dengan meninggalkan Johor Darul Ta'zim untuk bergabung dengan Persija. Banyak pihak yang menyayangkan keputusannya itu.

Apapun itu, Abimanyu adalah sosok gelandang berkualitas. Ia punya ketenangan dan kemampuan distribusi bola yang sangat baik.

Jika melihat daftar gelandang yang dipanggil Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23, Abi tampaknya bisa jadi andalan utama. Pemain kelahiran Banjarnegara itu bisa menempati pos gelandang tengah.

Sementara pos gelandang bertahan sepertinya sudah jelas bakal ditempati oleh Rachmat Irianto. Kombinasi antara Irianto dan Abimanyu terlihat sangat menjanjikan.

6 dari 6 halaman

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh punya latar belakang yang menarik. Ayahnya bernama Roberto Kwateh, seorang mantan pesepakbola asal Liberia yang sudah berkarier di Indonesia sejak awal tahun 2000-an.

Sementara sang ibu adalah asli Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal itu membuat Ronaldo punya pilihan apakah ia akan membela Indonesia atau Liberia.

Pemain yang baru berusia 17 tahun itu akhirnya memilih Indonesia. Ia pun sudah melakukan debut di Timnas Indonesia senior belum lama ini.

Posturnya sudah mencapai 180 cm di usia yang masih sangat muda. Selain itu, Ronaldo juga punya kecepatan dan ketajaman di depan gawang lawan. Bisa dikatakan Ronaldo adalah calon striker utama Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 nanti.

Video Populer

Foto Populer