Sukses


BRI Liga 1: Kabar Hasil Tes PCR Persela Salah Ketik, Begini Penjelasan PT LIB

Bola.com, Jakarta - Hasil tes PCR Persela Lamongan dikabarkan salah ketik. Status sejumlah pemain dan ofisial tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu berubah dari negatif menjadi positif COVID-19.

Kejadian itu bermula dari cerita fotografer Persela Lamongan, Wijdanu Rahadian di akun Instagramnya, @danuakram pada Kamis (10/2/2022) pagi WIB.

Dalam stories Instagramnya, Wijdanu mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil tes PCR dari vendor PT LIB pada Rabu (9/2/2022) malam WITA, seluruh Persela negatif COVID-19.

Namun, ketika Persela Lamongan menggelar latihan ringan pada pagi tadi dalam rangka persiapan melawan Persebaya Surabaya pada Kamis (10/2/2022) malam WIB, vendor tes PCR itu disebut mengirimkan kembali hasil tes Gian Zola dkk. yang berbeda.

"Berjalan 30 menit latihan, vendor itu mengirimkan kembali hasil terbaru yang katanya salah ketik dengan menyertakan 11 pemain dan ofisial positif COVID-19," tulis Wijdanu.

"Hal-hal seperti ini sungguh sangat berbahaya mengingat interaksi antarpemain dan ofisial terjadi saat latihan ringan yang tentunya dilakukan berdasarkan hasil swab itu."

"Ini sangat tidak profesional karena akan berdampak pada minimnya waktu untuk mempersiapkan pasukan serta mempertanyakan kredibilitas vendor beserta PT LIB dalam pendataan dan penanganan gelombang ketiga COVID-19 di kompetisi. Aneh tapi nyata," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Penjelasan PT LIB

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno merespons insiden salah ketik hasil tes PCR Persela Lamongan. Dia menjelaskan bahwa pihaknya hanya mengikuti hasil tes berdasarkan laporan vendor.

PT LIB bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Bali dan Kimia Farma selama seri keempat BRI Liga 1 digelar di Bali.

"Jam 7 pagi tadi waktu setempat, Kimia Farma sudah menyampaikan hasilnya. Ketika hasilnya keluar, kami sudah menyampaikan ke Persela bahwa hasilnya seperti itu," papar Sudjarno.

"Kemudian tidak sampai satu jam, lab yang memeriksa Persela ini mengoreksi bahwa ada salah ketik. Kami dari sisi hasil tidak tahu-menahu terkait prosesnya. PT LIB hanya menerima hasil dari lab tersebut."

"Jika ada koreksi, ini menjadi hal yang PT LIB tidak tahu kesalahannya. Tapi secara umum, komposisi pemain Persela masih memenuhi syarat untuk bertanding sehingga laga tetap berjalan."

"Yang jadi koreksi kami, nantinya ada langkah-langkah yang kami lakukan dan tindaklanjuti. Akan kami lakukan tes PCR ulang. Ini kesalahan administrasi, kesalahan lab yang kami tidak bisa ikut campur," terang Sudjarno.

3 dari 4 halaman

Jadwal Persela Vs Persebaya

Pekan ke-24 BRI Liga 1 2021/2022

  • Persela Lamongan Vs Persebaya Surabaya
  • Kamis, 10 Februari 2022
  • Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar
  • Kick-off 20.45 WIB
  • Live Indosiar dan Live Streaming Vidio
4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Persela di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer