Sukses


BRI Liga 1: Nasib Duel Kontra Persipura Belum Jelas, Madura United Mulai Berlatih Menatap Persita

Bola.com, Denpasar - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI masih belum membuat keputusan terkait status laga Persipura Jayapura kontra Madura United. Laga tunda pekan ke-22 BRI Liga 1 2021/2022 itu seharusnya digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (21/2/2022).

Namun, Persipura Jayapura tidak muncul sampai waktu kick-off pada pukul 20.30 WIB. Wasit Asep Yandis yang seharusnya memimpin laga itu juga memutuskan tidak menggelar pertandingan dan akan menyerahkannya kepada match commissioner serta operator kompetisi.

Manajemen Madura United sempat menyatakan mereka menaruh simpati kepada Persipura. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu beralasan ada banyak anggota tim yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga memutuskan tidak datang ke stadion. Tapi, tidak ada pernyataan lain lagi.

Madura United juga tidak menunggu waktu lama untuk kembali menjalani agenda tim. Fachruddin Aryanto dkk. sudah mulai berlatih di lapangan. Itu terlihat dari unggahan di akun Instagram resmi klub.

"Kembali ke lapangan, terus berlatih, fokus untuk laga selanjutnya!" tulis akun resmi Madura United disertai foto-foto para pemainnya yang sedang berlatih ditemani oleh arsitek tim Fabio Lefundes dan asisten pelatih Oswaldo Lessa.

Berikutnya, akun Instagram tersebut mengunggah video latihan tim yang digelar pada hari yang sama. Mereka rupanya mulai bersiap untuk menghadapi Persita Tangerang dalam laga pekan ke-27 yang digelar di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Kamis (24/2/2022).

"Training day jelang laga kontra Persita Tangerang. Tetap Fokus!" tulis Madura United dalam unggahan video tersebut.

Bola.com juga berusaha meminta keterangan kepada manajemen dan jajaran pelatih Madura United terkait pertandingan melawan Persipura maupun persiapan menghadapi Persita. Namun, pihak klub masih memilih fokus menatap laga berikutnya.

2 dari 4 halaman

Penjelasan PT LIB

Seperti diketahui, BRI Liga 1 sedang heboh dan menjadi perbincangan karena mangkirnya Persipura dalam laga tunda pekan pekan ke-22. Keterangan PT LIB menyebutkan bahwa Persipura beralasan banyak pemain yang terkonfirmasi positif.

Pihak Persipura sebelumnya sempat menuliskan surat permohonan pertandingan BRI Liga 1 Persipura vs Madura United yang bernomor 004/Persipura/II/2022. Surat tersebut tertanggal 20 Februari 2022.

Isi surat itu menerangkan bahwa mereka tidak bisa bertanding dengan alasan hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan ada sembilan personel tim dinyatakan positif, terdiri dari 3 ofisial dan 6 pemain.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dan Satgas Covid-19 di BRI Liga 1 2021/2022 mengklaim sempat melakukan tes ulang untuk memastikan kondisi Persipura.

Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022  menyebutkan bahwa hasil negatif  sebanyak 21 pemain dan 7 ofisial. Sedangkan hasil positif sebanyak 6 pemain dan 3 ofisial.

Selain itu, dijelaskan bahwa didapati pemain yang negatif di skuat Persipura berjumlah lebih dari 14 orang sehingga tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 Regulasi BRI Liga 1 2021/2022 dan tidak perlu diadakan emergency meeting.

3 dari 4 halaman

Menanti Putusan PSSI

Daftar susunan pemain (DSP) yang diterima Bola.com tidak mencantumkan nama-nama pemain sekaligus ofisial tim Persipura. Hanya Madura United yang memasukkan 21 pemain dan ofisial tim di DSP tersebut.

Sesuai regulasi, Madura United seharusnya dianggap menang 3-0 karena Persipura memilih WO atau walkover. Sebab, tim Mutiara Hitam terlihat memilih menolak bertanding dengan tidak hadirnya para pemain sampai waktu kick-off.

Namun, keputusan masih belum dibuat meski seharusnya sudah jelas Madura United dinyatakan menang WO. Status pertandingan juga belum diumumkan sampai hari ini, Selasa (22/2/2022), dan PT LIB masih akan berkonsultasi kepada PSSI.

4 dari 4 halaman

Posisi Madura United di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer