Sukses


5 Pemain Muda Indonesia yang Pantas Bermain di Liga Jepang dan Korea Selatan: Punya Daya Saing

Bola.com, Jakarta - Dalam sepekan terakhir, Pratama Arhan kembali menjadi buah bibir di Indonesia. Penyebabnya adalah, pemain 20 tahun itu resmi direkrut klub Jepang, Tokyo Verdy.

Ketertarikan Tokyo Verdy pada Pratama Arhan terjadi berkat penampilan apiknya di Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia. Ketika itu, Pratama Arhan tampil cukup mengilap yakni mencetak dua gol dan dua assist. 

Arhan juga sukses menyabet gelar Pemain Muda Terbaik pada turnamen tersebut. Pemain PSIS Semarang itu akhirnya menambah panjang daftar pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Pratama Arhan mengikuti jejak rekan-rekannya di Timnas Indonesia yang sudah lebih dulu berkarier di luar negeri. Sebut saja trio Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Bagus Kahfi yang bermain di klub Eropa.

Kemudian ada pula Asnawi Mangkualam yang bermain untuk klub Korea Selatan. Selain itu, ada pula Saddil Ramdani yang membela klub Malaysia.

Bola.com mencatat, ada beberapa pemain muda Indonesia yang bisa mengikuti Pratama Arhan atau Asnawi Mangkualam untuk berkarier di luar negeri khususnya kompetisi Asia. Mereka memiliki segala kemampuan untuk bersaing. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh mendapatkan kepercayaan melakoni debut profesional di Madura United pada usia 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari. Penampilan apiknya itu mampu membuat pelatih Timnas Indonesia terkesan.

Meskipun masih berusia belia, namun Ronaldo Kwateh punya kemampuan yang mumpuni. Bermain di sektor sayap kanan, putra Roberto Kwateh itu punya kecepatan berlari yang baik.

Kelebihan itu dipadukan dengan kepercayaan diri dalam mengolah bola. Ronaldo Kwateh juga dikenal memiliki operan dan umpan yang baik sehingga bisa dimaksimalkan para penyerang.

3 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan tampil mengesankan bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022. Pemain berusia 17 tahun itu sejauh ini sudah mengemas empat gol dalam 19 laga yang dimainkan.

Marselino merupakan pemain yang bisa diandalkan sebagai motor serangan. Selain itu, kemampuan individu yang gemilang membuat pemain Persebaya Surabaya itu bisa memberikan umpan-umpan cantik.

Penampilan apik Marselino Ferdinan berbuah panggilan ke Timnas Indonesia senior. Marselino Ferdinan melakukan debut pada 27 Januari 2022 pada laga FIFA Matchday.

4 dari 6 halaman

Rizky Ridho

Rizky Ridho merupakan bek masa depan Indonesia. Pemain Persebaya Surabaya itu dikenal memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Rizky Ridho dikenal sebagai bek tengah yang tanpa ampun dalam mengawal area pertahanan. Pemain 20 tahun itu juga dikenal punya gaya komunikasi yang bagus sehingga mampu menjalin koordinasi antar lini.

Rizky Ridho juga merupakan bek tengah yang disiplin sehingga bisa jadi andalan di area pertahanan. Sejauh ini, Rizky Ridho sudah mengoleksi 13 pertandingan untuk Persebaya Surabaya di Liga 1.

5 dari 6 halaman

Alfeandra Dewangga

Penampilan Alfeandra Dewangga melejit karena sering dipercaya membela Timnas Indonesia. Di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, pemain PSIS Semarang itu mendapatkan peran krusial.

Dewangga adalah tipikal bek modern. Pemain berusia 20 tahun itu mampu bermain sebagai ball-playing defender.

Dewangga juga dapat diplot sebagai gelandang bertahan. Banyaknya kemampuan yang dimiliki membuat Dewangga layak mendapatkan kesempatan untuk bermain di luar negeri.

6 dari 6 halaman

Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek menjalani debut profesional bersama Persipura Jayapura pada BRI Liga 1 2021/2022. Pemain berusia 19 tahun itu langsung mencuri perhatian dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Ramai Rumakiek merupakan aset masa depan Timnas Indonesia. Ramai merupakan pemain yang punya kelincahan dan kecepatan berlari.

Selain menjadi motor serangan, kemampuan Ramai juga dinantikan untuk memecah kebuntuan dan juga melepaskan umpan-umpan matang di lini depan. Kemampuan-kemampuan itulah yang membuat Ramai Rumakiek layak untuk menjajal kompetisi luar negeri.

Video Populer

Foto Populer