Sukses


4 Pemain Naturalisasi yang Punya Caps Terbanyak di Timnas Indonesia: Memang Terbukti Kontribusinya

Bola.com, Jakarta - Program naturalisasi sudah dilakukan sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Program ini masih dilakukan sampai sekarang.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, program naturalisasi cukup banyak mendapatkan pro dan kontra. Sebab, selama ini banyak pihak yang menilai program naturalisasi masih belum bisa memberikan dampak signifikan kepada prestasi Timnas Indonesia.

Meski demikian, program memberikan kesempatan pemain asing atau keturunan untuk membela Timnas Indonesia itu tak selamanya berakhir buruk.

Ada cukup banyak pemain naturalisasi yang bisa memberikan dampak di Timnas Indonesia. Paling tidak mereka mendapatkan tempat dan cukup lama menjadi langganan di Tim Garuda.

Bola.com mencatat setidaknya ada empat pemain naturalisasi yang memiliki caps cukup banyak di Timnas Indonesia. Simak daftarnya di bawah ini ya:

 

2 dari 5 halaman

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales adalah satu di antara pemain naturalisasi tersukses di Indonesia. Ia menjalani debut di Timnas Indonesia pada 21 November 2010 lalu.

Saat itu usia Gonzales sudah 36 tahun. Laga debutnya dilakukan saat Indonesia jumpa Timor Leste jalang berlaga di ajang Piala AFF 2010.

Gonzales hingga kini tercatat sebagai pemain naturalisasi dengan jumlah caps terbanyak di Timnas Indonesia dengan total 28 caps. Ia juga tergolong tajam dengan memilki catatan 12 gol.

Penampilan terakhir Gonzales bersama Timnas Indonesia terjadi pada 30 Maret 2015. Saat itu, Tim Garuda menang 2-1 atas Myanmar dalam laga uji coba internasional. Gonzales mencetak satu gol di laga itu.

3 dari 5 halaman

Stefano Lilipaly

Di posisi kedua ada nama Stefano Lilipaly. Pemain kelahiran Arnhem, Belanda ini total memiliki 24 caps di Timnas Indonesia senior.

Adalah Jacksen Tiago yang memberinya debut resmi di Timnas Indonesia. Saat itu, Lilipaly tampil dalam sebuah laga uji coba antara Timnas Indonesia kontra Filipina.

Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno itu, Indonesia menang meyakinkan 2-0. Bahkan, di laga debutnya itu, Lilipaly memberikan satu assist untuk gol yang dicetak Greg Nwokolo.

Di usianya yang sudah berusia 32 tahun, Lilipaly masih jadi andalan di Bali United. Namun, belakangan ia mulai tak lagi rutin dipanggil ke Timnas Indonesia.

4 dari 5 halaman

Victor Igbonefo

Pemain asal Nigeria ini cukup bisa diandalkan di lini belakang Indonesia. Di masa awal selepas ia resmi dinaturalisasi, Igbonefo mampu sedikit menambal kekuarangan di lini belakang Indonesia.

Debut Igbonefo terjadi pada 23 Maret 2013. Saat itu Igbonefo tampil dalam laga kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi.

Sayangnya dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu, Indonesia kalah 1-2. Gol cepat Boaz Solossa berhasil dibalas dua kali oleh pemain yang sama yakni Youssef Al-Salem.

Victor Igbonefo masih mendapatkan tempat di skuad terkini Timnas Indonesia. Ia jadi bagian dari pemain yang dibawa untuk tampil di Piala AFF 2020 lalu.

5 dari 5 halaman

Beto Goncalves

Pemain kelahiran 31 Desember 1980 ini sudah lama berkarier di Indonesia. Namun, ia baru resmi dinaturalisasi pada awal tahun 2018.

Beto boleh saja hanya punya catatan 12 caps di Timnas Indonesia. Namun, ia tergolong tajam. Sejauh ini Beto sudah mengoleksi 10 gol untuk Tim Garuda.

Gol terakhir yang dicetak Beto untuk Timnas Indonesia terjadi pada Mei 2019 lalu. Ia mencetak dua gol saat Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Gelora Bung Karno.

Video Populer

Foto Populer