Sukses


Duel Mantan dalam Laga Persija Vs Persib di BRI Liga 1: Toni Sucipto Bakal Redam Ancaman Marc Klok?

Bola.com, Jakarta - Duel Persija Jakarta dan Persib Bandung dalam laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2021/2022 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (1/3/2022) malam WIB. Duel sarat gengsi ini juga mempertemukan pemain-pemain yang pernah bermain untuk tim rival.

Seperti biasanya, pertandingan yang mempertemukan Persija Jakarta dan Persib Bandung menjadi sebuah duel yang dinantikan oleh pecinta sepak bola di Indonesia.

Rivalitas kelompok suporter menjadi pemanas pertandingan meski kali ini tak satu pun dari mereka bisa menyaksikan secara langsung di tribune stadion.

Biasanya, Persija akan mendapatkan tekanan luar biasa ketika bermain di markas Persib. Begitu pun jika Persib bermain di markas Persija. Tekanan dari suporter itu kerap membuat tensi pertandingan di tengah lapangan juga meningkat di antara para pemainnya.

Menariknya, seperti halnya persaingan-persaingan antara dua klub besar di Eropa, persaingan di antara Persija dan Persib juga diwarnai oleh perpindahan pemain di antara kedua klub.

Ya, tak jarang pemain Persija kemudian melanjutkan karier ke Persib, begitu pun sebaliknya. Bahkan sampai saat ini pun hal serupa juga masih ada, di mana mantan pemain menjadi andalan di skuad lawan.

Ada Marc Klok yang merupakan mantan pemain Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 di tubuh Persib Bandung kali ini. Begitu pun dengan keberadaan Toni Sucipto yang kini membela Macan Kemayoran setelah cukup lama bersama Maung Bandung. Bagaimana kontribusi kedua pemain untuk tim masing-masing di pertandingan nanti?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Toni Sucipto, Pilar Pertahanan yang Serbabisa

Toni Sucipto merupakan pemain dengan kemampuan bermain di beberapa posisi yang dimiliki Persija Jakarta. Pemain senior berusia 36 tahun itu bisa dimainkan sebagai stoper, bek kiri, bahkan gelandang bertahan.

Hal tersebut yang membuatnya menjadi andalan di skuad Macan Kemayoran. Hingga saat ini, Toni Sucipto tercatat sudah main dalam 23 pertandingan pada musim ini, 22 di antaranya sebagai starter.

Pemain kelahiran Surabaya itu merupakan andalan Persib pada periode 2011 hingga 2018. Cukup lama bersama Persib, Toni sudah merasakan gelar juara Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015.

3 dari 4 halaman

Marc Klok, Playmaker Berbahaya

Jika Toni Sucipto merasakan momen panjang bersama Persib Bandung hingga akhirnya bergabung bersama Persija Jakarta, Marc Klok tak seperti itu.

Bergabung dengan Persija pada 2020, pemain naturalisasi itu selalu menjadi andalan dalam dua pertandingan yang dimainkan Persija hingga kompetisi dihentikan karena pandemi COVID-19.

Marc Klok bahkan menjadi pemain terbaik di Piala Menpora 2021. Kemampuannya menjadi playmaker bagi Macan Kemayoran di turnamen pramusim itu memang tidak bisa dibantah. Perannya sangat penting.

Namun, Marc Klok kemudian memutuskan untuk reuni bersama pelatihnya di PSM Makassar, Robert Alberts, dengan bergabung bersama Persib Bandung. Bersama Maung Bandung, Marc Klok pun menjadi andalan di lini tengah.

Marc Klok tercatat sudah bermain dalam 22 pertandingan dan selalu menjadi starter. Pemain kelahiran Belanda itu pun sudah mencetak tiga gol dan satu assist untuk Persib.

4 dari 4 halaman

Posisi Persija dan Persib di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer