Sukses


Banyak Stok Kiper, Ini Alasan Shin Tae-yong Minta Emil Audero Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tertarik dengan Emil Audero. Dia meminta kiper Sampdoria itu dinaturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Emil Audero adalah kiper kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dari ibu Italia. Sedangkan ayahnya asli Indonesia.

Shin Tae-yong berencana untuk menjadikan Emil Audero calon pemain naturalisasi keempat Timnas Indonesia setelah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

"Benar, saya ingin menaturalisasi kiper. Memang posisinya beda dari yang lain tapi saya menginginkan pemain seperti itu," kata Shin Tae-yong.

"Dengan kemampuan sebagus itu dan jika dia datang ke Indonesia, mungkin dia bisa menyampaikan sesuatu yang baik untuk kiper-kiper Indonesia," jelasnya.

Stok kiper Timnas Indonesia sebenarnya sudah banyak. Tim berjuluk Skuad Garuda itu punya sejumlah penjaga gawang yang kerap menjadi langganan seperti Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, hingga Ernando Ari Sutaryadi.

Terbaru, Timnas Indonesia berpeluang memanggil kiper Panathinaikos B, Cyrus Margono yang telah menyatakan minat untuk menjadi WNI. Penjaga gawang berusia 20 tahun itu lahir di New York, Amerika Serikat. Ibunya berasal dari Iran, sementara ayahnya dari Indonesia.

2 dari 4 halaman

Agen Jadwalkan Makan Malam

Sebelumnya, agen yang diutus PSSI telah menjadwalkan makan malam dengan Emil Audero dan manajernya pada Rabu (2/3/2022) malam waktu Eropa. Kedua belah pihak membahas kemungkinan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani meminta jawaban pasti dari Emil Audero. Jika gagal, pihaknya telah menyiapkan Jordy Wehrmann sebagai pengganti.

Jordy Wehrmann adalah gelandang FC Luzern di Swiss Super League 2021/2022 atau kasta teratas Liga Swiss.

"Namun, saya tidak bisa pastikan Audero bisa dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia atau tidak," imbuh Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Emil Audero Belum Pernah Menolak

Emil Audero disebut belum pernah menolak Timnas Indonesia. Sebab, kiper berusia 25 tahun itu sebelumnya tidak pernah didekati PSSI.

Kala menggagas program naturalisasi pada November tahun lalu, PSSI disarankan publik untuk mendekati Emil Audero.

Masih dalam periode yang sama, beredar potongan video yang berisikan pernyataan ayah Emil Audero yang mengatakan bahwa publik Tanah Air "bermimpi" anaknya lebih memilih Timnas Indonesia daripada Timnas Italia.

Roda kehidupan memang berputar dengan cepat. Empat bulan berselang, PSSI mengisyaratkan bahwa Emil Audero berminat untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Ramai Gara-gara Netizen

Hasani Abdulgani meluruskan bahwa dalam situasi ini, Emil Audero tidak berubah pikiran karena pihaknya belum pernah mengincar kiper Sampdoria itu.

"Tidak ada perubahan pikiran karena dari dulu kami belum pernah mengontak dia. Yang ramai kan netizen yang masuk ke wilayah orang tuanya Audero," imbuh Hasani ketika dihubungi Bola.com beberapa waktu lalu.

Video Populer

Foto Populer