Sukses


The Jakmania Sambut Bahagia Izin BRI Liga 1 Dihadiri Penonton di Stadion, tapi...

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno, menyambut antusias izin kembalinya suporter ke stadion untuk menonton pertandingan BRI Liga 1 secara langsung. Namun, Diky menyebut alangkah lebih baik hal itu diberlakukan mulai musim depan.

Koordinator PPKM Jawa-Bali sekaligus Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan restu kegiatan kompetisi olahraga BRI Liga 1 2021/2022 bisa dihadiri suporter di stadion. Ada beberapa syarat yang harus ditempuh suporter untuk bisa menyaksikan langsung pertandingan di stadion.

Contohnya adalah sudah melakukan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster. Diky Soemarno berpendapat jika suporter hadir di stadion pada musim ini terlalu memaksakan.

Penyebabnya adalah BRI Liga 1 masih digelar dalam sistem series. Artinya, tidak semua pendukung klub bisa menyaksikan tim kesayangannya secara langsung karena terkendala jarak.

"Saya senang banget akhirnya boleh nonton di stadion lagi. Namun, untuk musim ini memang terlalu memaksakan. Kasihan tim-tim lain yang suporternya jauh," kata Diky Soemarno di sela-sela diskusi yang digelar PSSI Pers di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

"Mungkin kalau Persija, kami banyak yang bisa berangkat ke Bali menggunakan jalur darat. Namun, suporter lain akan butuh effort lebih yang dilakukan," ucap Diky Soemarno.

BRI Liga 1 2021/2022 sejauh ini sudah menyelesaikan 29 pekan pertandingan. Artinya, musim ini menyisakan lima pekan lagi menuju akhir penyelenggaraan.

2 dari 3 halaman

Uji Coba di Pramusim

Diky Soemarno menyebut, simulasi kembalinya suporter ke stadion bisa dilakukan pada pertandingan pramusim. Nantinya, pemerintah bisa memiliki gambaran bagaimana penyelenggaraan kegiatan sepak bola dengan suporter pada masa pandemi COVID-19.

Selain itu, Diky menegaskan The Jakmania siap membantu pemerintah untuk melakukan sosialisasi kembalinya suporter ke stadion. Langkah itu dilakukan agar bisa menyukseskan penerapan kebiasaan baru dalam kegiatan sepak bola.

"Saya berharap ini bisa dicoba pada pramusim. Ketika nanti pramusim bisa full dengan penonton. Saya senang sekali dan The Jakmania siap melakukan sosialisasi apapun syarat yang diberikan oleh pemerintah untuk kita nonton lagi di stadion," tegas Diky Soemarno.

3 dari 3 halaman

Simak Posisi Persija Jakarta di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer