Sukses


Jelang Barito Putera Vs Persebaya di BRI Liga 1, Aji Santoso Was-Was dengan Keberadaan RD

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya bakal berjumpa dengan Barito Putera dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/2022. Ini jadi kans buat Bajul Ijo untuk mendulang poin dalam duel yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (14/3/2022).

Barito Putera saat ini masih berada di papan bawah, tepatnya peringkat ke-15 klasemen dengan 28 poin. Mereka belum aman dari ancaman degradasi, hanya berselisih empat angka dari Persipura Jayapura di peringkat ke-16 dengan 24 poin.

Sedangkan Persebaya kini menghuni peringkat keempat dan telah mengoleksi 58 angka. Fakta ini menunjukkan bahwa kualitas kedua tim memang berbeda. Barito berjuang menghindari degradasi, sedangkan Persebaya bisa bersaing untuk juara.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak ingin melihat fakta itu bakal menguntungkan timnya. Dia memandang, sosok Rahmad Darmawan yang kini menjadi pelatih kepala Barito Putera berpotensi menyulitkan timnya.

"Tidak akan mudah mendapatkan poin dari Barito. Kami tahu sendiri, Barito tim bagus. Memang sekarang ada di bawah. Kalau melihat kualitas Coach RD, kami patut mewaspadai kekuatan Barito,” ucap Aji Santoso, Minggu (13/3/2022).

 

2 dari 3 halaman

Persebaya Layak Percaya Diri

Rahmad Darmawan, atau yang akrab disapa RD, merupakan pelatih lokal yang sarat pengalaman. Dia pernah meraih gelar juara Divisi Utama 2005 bersama Persipura. Edisi 2007 juga dimenangkannya untuk Sriwijaya FC.

Tapi, jika menilik performa terakhir, Persebaya seharusnya bisa percaya diri memetik kemenangan. Sebab, Barito Putera ditahan imbang Madura United dengan skor 3-3 pada pekan lalu (9/3/2022).

Dalam duel itu, tim Laskar Antasari sebenarnya sempat unggul 2-0. Namun, mereka kemudian kebobolan gol-gol menit akhir. Alhasil, Barito Putera gagal mengamankan poin penuh yang sudah di depan mata.

"Saya melihat pertandingan terakhir Barito Putera melawan Madura United. Bagi saya, apakah itu bisa memasukkan gol di menit-menit awal atau akhir, yang terpenting bagaimana anak-anak bisa tampil maksimal,” ucap Aji Santoso.

"Ini tidak akan mudah. Kami tahu Barito dihuni dengan materi-materi pemain yang cukup bagus, pemain-pemain asing yang berkualitas. Untuk itu saya tekankan kepada pemain, meskipun posisi klasemen berbeda, Barito sekarang berjuang lolos dari degradasi,” imbuhnya.

Ambisi Persebaya untuk bersaing dalam perebutan juara menjadi latar belakang mereka untuk bisa mendulang tiga poin kontra Barito Putera. Modal Bajul Ijo cukup apik dengan tidak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir.

3 dari 3 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer