Sukses


Pelatih Persib Ikut Girang Marc Klok Dipanggil Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Bola.com, Denpasar - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, ikut senang dengan pemanggilan Marc Klok ke Timnas Indonesia untuk SEA Games 2021. Menurut Robert, pemanggilan itu jadi pengakuan akan kualitas Klok.

Marc Klok dipastikan memperkuat Timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di SEA Games 2021. Pemain naturalisasi itu akan mengisi kuota pemain senior yang ada.

Pemain berusia 28 tahun tersebut sudah menetap di Indonesia sejak 2017, dan bisa membela Timnas Indonesia mulai April 2022. Pemanggilan tersebut tentu saja menjadi penantian panjang bagi pemain yang sudah dinaturalisasi sejak November 2020 itu.

"Selamat untuk Marc dan ini menunjukkan dia memiliki kualitas. Semoga dia bisa berkontribusi untuk Indonesia. Saya ikut senang untuk Marc," kata Robert Alberts.

Pelatih Shin Tae-yong tentu punya alasan khusus memanggil Marc Klok ke Timnas Indonesia U-22. Klok memperlihatkan penampilan gemilang bersama Persib Bandung di BRI Liga 1 2021/2022.

Marc Klok adalah pemain krusial Persib Bandung di lini tengah. Kehadirannya di Timnas Indonesia U-22 diharapkan bisa membantu dalam upaya meraih medali emas SEA Games 2021.

2 dari 3 halaman

Sudah Didaftarkan

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengaku pihaknya sudah mendaftarkan Marc Klok untuk SEA Games 2021. Indra Sjafri pun yakin semuanya berjalan dengan lancar sehingga Klok bisa membela Timnas Indonesia U-22.

"Kami sudah mendaftarkan Marc Klok ke SEA Games 2021 untuk kuota pemain senior. Kami sudah yakin Marc Klok bisa bermain karena dia sudah sesuai aturan selama lima tahun tinggal di Indonesia," kata Indra Sjafri.

"Jumlah pemain senior di SEA Games 2021 boleh dimainkan dua. Namun, yang didaftarkan lebih dari itu. Artinya yang boleh bermain dua, seperti edisi sebelumnya," tegas Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Sesuai Aturan

Per bulan depan, Marc Klok telah pas lima tahun tinggal di Indonesia. Kondisi itu menjadi syarat mutlak buatnya untuk bermain dengan Timnas Indonesia.

Pasca-naturalisasinya tuntas pada November 2020, Marc Klok belum bisa beraksi untuk Timnas Indonesia. Sebab, pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu gagal membuktikan garis keturunan maksimal dari kakek atau neneknya ke FIFA.

Statuta FIFA 2020 Pasal Ketujuh tentang kelayakan bermain untuk tim perwakilan menjelaskan siapa pun pemain yang ingin bermain di negara barunya, harus lahir di wilayah asosiasi itu, ibu kandung atau ayahnya lahir di wilayah asosiasi itu, nenek atau kakeknya lahir di wilayah asosiasi itu, atau telah tinggal di wilayah asosiasi itu.

FIFA juga menetapkan lama tinggal di wilayah asosiasi yaitu minimal tiga tahun sebelum usia 10 tahun, lima tahun untuk usia 10-18 tahun, dan lima tahun sejak usia 18 tahun.

Video Populer

Foto Populer