Sukses


Prediksi Bhayangkara FC Vs Persipura di BRI Liga 1: Adu Ketangguhan Mental Dua Mantan Klub Jawara Indonesia

Bola.com, Gianyar - Mental kuat akan menjadi kunci laga Bhayangkara FC kontra Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (16/3/2022). Ini akan menjadi pertemuan seru dua mantan juara pada era yang berbeda dan bernasib seakan langit dan bumi pada musim ini.

Seperti diketahui, Bhayangkara FC merupakan kampiun Liga 1 2017. Sementara Persipura tak perlu diragukan lagi, di mana tim berjulukan Mutiara Hitam itu merupakan peraih gelar juara terbanyak di Indonesia, yaitu empat kali.

Namun, musim ini sepertinya roda berputar. The Guardians, julukan Bhayangkara FC, sedang getol kampanye Road to Champions. Sementara itu, Persipura sedang berjuang keras untuk mentas dari zona degradasi.

Posisi di persimpangan jalan ini tidak mengurangi greget pertarungan kedua tim ini. Bhayangkara FC yang baru saja ditahan imbang PSIS Semarang dengan skor 1-1 akan mati-matian menembus pertahanan Persipura agar asa menuju juara masih terbuka.

Namun, harus diakui hasil minor melawan PSIS bakal memengaruhi mental bertanding Evan Dimas dkk. Maka dari itu, tim asuhan Paul Munster ini wajib memiliki mental baja untuk bangkit dan bersaing merebut mahkota juara.

"Apa pun kondisinya, Persipura tetap tim bagus. Saya kira ini tetap bukan pertandingan mudah bagi kami. Makanya, semua pemain yang diturunkan nanti harus punya satu tekad untuk menang agar kami bisa terus bersaing di papan atas," ujar Paul Munster.

Kualitas individu Bhayangkara FC tak perlu diragukan lagi. Tim ini bagaikan miniatur Timnas Indonesia karena begitu banyak penggawa yang saat ini masih aktif atau mantan skuad nasional.

Ada kekuatan legiun asing yang mumpuni seperti Ezechiel N'Douassel, Anderson Salles, dan Melvin Platje. Belum lagi striker naturalisasi veteran, Herman Dzumafo, yang dalam tiga pertandingan terakhir masih membuktikan ketajamannya sebagai pencetak gol.

Namun, muncul pertanyaan besar dengan tidak bermainnya King Eze, julukan Ezechiel N'Douassel, yang lebih banyak duduk di bangku cadangan dalam tiga pertandingan terakhir Bhayangkara FC. Meski masih bisa meraih hasil bagus, tapi permainan tim ini pun agak tertatih-tatih untuk merebut kemenangan.

"Kami harus terus bermain bagus hingga akhir kompetisi. Saya tidak mau bicara soal empat laga tersisa. Fokus utama pertandingan lawan Persipura, karena tim ini bisa saja menyulitkan dengan ambisinya lolos dari degradasi," ujar Munster.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Persipura Tetap Optimistis

Sementara itu, bagi Angel Alfredo Vera, pelatih Persipura Jayapura, pertandingan ini akan menjadi perjuangan yang tidak mudah bagi tim asuhannya. Anak asuhnya harus menghadapi lawan tangguh di papan atas ketika mereka dalam posisi tertekan di zona merah.

Namun, pelatih asal Argentina itu tetap optimistis bahwa Persipura bisa menundukkan Bhayangkara FC.

"Kami punya waktu recovery lebih panjang. Kami telah memanfaatkannya dengan latihan taktik, khusus untuk menghadapi Bhayangkara FC. Semoga besok taktik bisa berjalan dengan baik, dan kami harus yakin bisa meraih tiga poin," ucapnya.

Alfredo Vera juga menjamin kebugaran dan mental Tinus Pae dkk. sangat bagus menjelang laga penting ini.

"Kami sudah siap fisik dan mental untuk pertandingan besok. Tiap laga sangat penting bagi kami untuk menambah poin agar bisa lolos degradasi. Apalagi tim-tim papan bawah juga sedang berusaha keras menjauhi posisi degradasi," tegasnya.

Pelatih yang pernah memberikan gelar juara Indonesia Soccer Championship 2016 untuk Persipura itu mengakui situasi saat ini berbeda dengan enam tahun lalu. Jadi ia dan semua elemen di dalam tim harus bersatu untuk menyelamatkan aset sepak bola Papua tersebut.

"Saya kira keadaan sekarang tidak bisa dibandingkan dengan 2016. Setiap waktu kondisinya pasti berbeda. Saya datang ke Persipura ingin melakukan yang terbaik dan kami tetap memiliki keyakinan bisa melakukannya pada musim ini," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

  • Bhayangkara FC (3-5-2): Awan Seto Raharjo (kiper), Jajang Mulyana, Anderson Sales, Putu Gede Juniantara (B), Wahyu Subo Seto, Ruben Sanadi, Sani Rizki, Evan Dimas, Malvin Platje (T), Dendi Sulistyawan, Ezechiel N’Douasssel.
  • Pelatih: Paul Munster (Irlandia)
  • Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Yustinus Pae, Brian Fatari, Donni Monim, Israel Waimau (B), Ramai Rumakiek, Takuya Matsunaga, Theo Numberi (T), Gunansar Mandowen, Ramiro Fergonzi, Feri Pahabol (D).
  • Pelatih: Angel Alfredo Vera (Argentina)
4 dari 4 halaman

Posisi Bhayangkara FC dan Persipura di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer