Sukses


Kondisi Gelandang Madura United di BRI Liga 1: Zulfiandi Siap Tempur, Renan Silva Malah Cedera

Bola.com, Denpasar - Pemain Madura United silih berganti mengalami cedera di BRI Liga 1 2021/2022. Terbaru, gelandang Zulfiandi sudah pulih dan mendapat kesempatan bertanding dalam tiga laga terakhir.

Masing-masing terjadi saat jumpa Persik Kediri, Barito Putera, dan Persib Bandung. Meski tidak bermain 90 menit, Zulfiandi mendapat kesempatan bermain yang cukup untuk mengembalikan instingnya di lapangan tengah Madura United.

Penampilan dalam tiga laga terakhir itu membuat pemain asal Aceh itu merasa makin percaya diri untuk bisa bertanding lagi setelah absen selama hampir setahun.

“Harus diakui, kesempatan main tiga laga terakhir berturut-turut mengembalikan kepercayaan diri setelah pulih cedera, bisa kembali ke performa saya yang sebelumnya. Saya juga sudah tidak ada trauma lagi,” ungkap pemain berusia 26 tahun itu.

Zulfiandi melakoni debut di BRI Liga 1 musim ini saat menghadapi Persik Kediri pada 5 Maret 2022 silam. Dia tercatat terakhir bertanding pada 3 April 2021 dalam fase grup Piala Menpora 2021. Menariknya, tim terakhir yang dihadapi Zulfiandi juga Persik.

Mantan penggawa Timnas Indonesia sempat mengalami cedera lutut pada awal musim sebelum digelarnya BRI Liga 1 sejak Agustus 2021. Artinya, sudah enam bulan Zulfiandi berkutat pada perawatan demi pemulihan cedera.

Lutut Zulfiandi mengalami masalah serius saat menjalani latihan pada pekan pertama BRI Liga 1. Jajaran pelatih Madura United juga membuat keputusan dengan memberi tindakan operasi harus segera dilakukan secepatnya demi menyelamatkan karier sang pemain.

Madura United langsung bertindak dan membawa Zulfiandi ke rumah sakit guna dilakukan observasi. Dari hasil MRI, diketahui bila ada robekan pada tulang rawan lutut yang memaksanya naik meja operasi.

 

2 dari 3 halaman

Renan Silva Harus Menepi

Sementara itu, gelandang Renan Silva malah dalam kondisi cedera bahu. Dia mengalami cedera saat menghadapi Persik, duel yang menjadi comeback buat Zulfiandi.

Insiden itu terjadi saat Renan berduel dengan Arthur Felix yang berupaya menghadangnya. Renan yang sudah lolos kemudian mendapat dorongan dari Arthur Felix. Renan sampai harus terpelanting ke tanah dan bahu kanannya jatuh lebih dulu.

Dia pun meringis kesakitan sambil memegang bahu kanannya. Pemain berusia 33 tahun tersebut masih terus memegangi bahu kanannya dan ditarik keluar pada awal babak kedua dan Slamet Nurcahyo yang masuk menggantikannya.

Setelah pertandingan, Renan masih terus meringis kesakitan. Dia bahkan kesulitan berganti baju dengan pas. Sambil memegangi bahu kanan, dia tidak bisa memasukkan tangannya ke lengan baju kanannya.

Terbaru, jajaran pelatih Madura United mencoba Renan untuk ikut berlatih di lapangan bersama timnya. Keputusan ini diambil setelah cederanya membaik dan mendapat rekomendasi dari fisioterapis Rudiyus Suseno.

Kendati demikian, Renan belum bisa latihan penuh dan masih dalam pemantauan karena belum pulih seratus persen. Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, sedang memantau kemungkinan Renan bisa kembali merumput.

“Untuk Renan masih persiapan untuk bisa balik ke sini dan dia sudah latihan lagi. Kami observasi dia satu hari lagi untuk mengetahui bagaimana kondisinya. Kami harus bicara dengan pemain untuk dia masuk ke program tim kembali,” ucap Fabio Lefundes.

Namun, pemain asal Brasil itu kemungkinan memang harus menepi sampai BRI Liga 1 berakhir. Kondisi bahu Renan Silva sebenarnya masih belum memungkinkan untuk bisa kembali bertanding.

Madura United sendiri kini bersiap melakoni pertandingan melawan Persija Jakarta. Partai tunda pekan ke-24 BRI Liga 1 ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (17/3/2022) malam.

3 dari 3 halaman

Posisi Madura United di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer