Sukses


BRI Liga 1: Joop Gall Ingin PSM Pastikan Aman dari Degradasi dengan Menekuk Persija

Bola.com, Denpasar - PSM Makassar butuh dua poin untuk mengamankan diri dari ancaman degradasi di BRI Liga 1 2021/2022. Itulah mengapa pelatih Joop Gall ingin tim asuhannya menekuk Persija Jakarta pada pekan ke-32 di Stadion Gelora Ngurah Rai, Senin (21/3/2022) sore WIB.

Eks pelatih Go Ahead Eagles (Belanda) ini mengungkapkan tanpa terkalahkan dalam lima laga terakhir berdampak signifikan untuk meningkatkan kepercayaan diri para pemainnya.

Bagi PSM Makassar, kemenangan atas Persija membuat mereka memiliki poin 38. Jumlah angka yang aman dari jangkauan Persipura Jayapura, pimpinan zona degradasi yang hanya bisa mengoleksi 36 poin bila menyapu bersih tiga laga terakhirnya.

"Kalau PSM mengalahkan Persija, kami bisa lebih rileks untuk bisa melihat peluang berada di posisi mana pada akhir kompetisi," ujar Joop Gall pada sesi jumpa media secara virtual, Minggu (20/3/2022).

Saat ini PSM Makassar berada di posisi ke-13 dan masih rawan terkejar para pesaingnya seperti PSS Sleman dan Barito Putera. Praktis kemenangan menjadi harga mati bagi PSM untuk memastikan posisi aman dari jurang degradasi.

 

 

2 dari 4 halaman

Mental dan Kondisi Fisik

Menghadapi Persija, Joop Gall menjelaskan dirinya lebih fokus menjaga mental dan kebugaran pemainnya. Satu diantaranya adalah memberikan kesempatan libur selama dua hari kepada para pemain untuk berkumpul dengan keluarga mereka.

Seperti diketahui, selain menghadapi Persija, skuad Juku Eja akan menghadapi Persiraja Banda Aceh dan Arema FC di sisa kompetisi musim ini.

Meski demikian, sang pelatih meminta skuadnya untuk tidak meremehkan Persija yang masih angin-anginan dalam beberapa pertandingan terakhir. Tim Macan Kemayoran Persija baru saja menelan kekalahan 1-3 dari Madura United di laga ke-31.

3 dari 4 halaman

Laga Spesial

Pada kesempatan sama, kapten PSM, Wiljan Pluim yang mendampingi sang mentor, menambahkan, bagi dirinya bersama kolega, laga kontra Persija selalu spesial. Meski begitu, persiapan skuad PSM terbilang normal.

Malah, latihan PSM sempat terganggu akibat hujan lebat sehingga mereka tidak bisa berlatih di lapangan. "Tapi, kami memiliki tekad yang sama yakni mengalahkan Persija," tegas Wiljan Pluim.

Namun, Wiljan Pluim mengakui tim Macan Kemayoran memiliki pertahanan yang baik, khususnya di sisi bek sayap kanan yang kerap dilakoni Marco Motta.

"Jadi kami harus kerja keras untuk mewujudkan target tiga poin," kata Wiljan Pluim. PSM sendiri pada pertemuan pertama di BRI Liga 1 takluk tiga gol tanpa balas saat bersua dengan Persija di Stadion Manahan Solo, 7 Desember 2021.

4 dari 4 halaman

Tengok Persaingan PSM dan Persija Saat Ini

Video Populer

Foto Populer