Sukses


Pertarungan Lolos dari Zona Degradasi BRI Liga 1: PSM dan PSS Teratas, Barito Putera dan Persipura Siap Manfaatkan Situasi

Bola.com, Jakarta - Persaingan juara di BRI Liga 1 2021/2022 sudah tidak sepanas pekan-pekan sebelumnya. Bali United kini praktis sendirian di atas.

Tim asuhan Stefano Cugurra itu selangkah lagi menjadi juara BRI Liga 1 musim ini. Mereka hanya butuh satu poin lagi untuk memastikan itu.

Persaingan justru memanas di papan bawah. Paling tidak ada empat tim yang posisinya sangat tidak aman dari degradasi.

Mereka adalah Persipura Jayapura, PS Barito Putera, PSM Makassar dan PSS Sleman. Ketiganya bakal berjuang sampai akhir untuk bisa lolos dari jeratan degradasi.

Saat ini jatah degradasi memang hanya tersisa satu tiket saja. Dua tiket yang lain sudah "diamankan" Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh.

Ya, melihat posisi klasemen, PSM Makassar dan PSS Sleman ada di posisi yang lebih diuntungkan. PSM ada di posisi 13 klasemen sementara dengan 35 poin. Sementara PSS Sleman tepat satu tingkat dibawah mereka dengan 33 poin.

PSM butuh satu kemenangan lagi di dua laga sisa untuk benar-benar memastikan aman dari zona degradasi. Hal itu mudah saja sebenarnya dilakukan sebab di laga pekan ke-33 nanti Juku Eja akan menghadapi Persiraja yang sudah dipastikan turun kasta.

Sementara itu, PSS Sleman sebenarnya juga punya tugas yang tak terlalu berat. Mereka tinggal mengamankan empat poin dari dua laga sisa agar tetap aman di kasta tertinggi. Di dua laga sisa itu PSS akan menghadapi Persela Lamongan yang sudah dipastikan turun kasta dan Persija Jakarta.

 

 

2 dari 3 halaman

Barito dan Persipura Siap Manfaatkan Situasi

Dibandingkan dengan dua tim di atas, Barito Putera dan Persipura memang ada di posisi yang tidak terlalu menguntungkan pada klasemen BRI Liga 1 2021/2022.

Barito ada di posisi ke-15 klasemen sementara dengan 32 poin. Sementara itu Persipura ada di posisi 16 alias zona degradasi dengan 30 poin.

Barito unggul secara head to head dari Persipura. Jika torehan poin mereka sama di akhir musim, maka Barito yang berhak bertahan di Liga 1.

Posisi yang paling sulit dialami Persipura. Mereka harus menang di dua laga sisa melawan PSIS Semarang dan Persita Tangerang. Selain itu, Mutiara Hitam juga masih harus berharap tim-tim di atas mereka terpeleset.

3 dari 3 halaman

Di Mana Posisi BRI Liga 1 Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer