Sukses


4 Pemain Top yang Kehilangan Sihir di BRI Liga 1, dari Boaz Solossa sampai Aleksandar Rakic

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 sudah mendekati akhir dengan memasuki pekan ke-33. Pekan ini, sudah muncul penentuan juara yang hanya melibatkan Bali United dan Persib Bandung.

Bali United kini di puncak klasemen BRI Liga 1 dengan 72 poin, disusul dengan Persib Bandung di posisi runner-up yang mengoleksi 67 angka. Dengan menyisakan dua laga, Bali United berpotensi mengunci gelar jika tidak kalah di pekan ke-33.

Menariknya, striker Bali United, Ilija Spasojevic juga akan bakal memastikan diri sebagai top scorer BRI Liga 1. Dia berada di puncak daftar pencetak gol sementara dengan 22 gol dari 32 pertandingan.

Sosok satu ini masih belum kehilangan ketajamannya di usia yang sudah mencapai 34. Striker naturalisasi berdarah Montenegro ini bahkan juga selalu tampil dalam 32 pertandingan musim ini, hal yang jarang dicapai oleh seorang striker gaek.

Lalu, muncul bintang baru bernama Taisei Marukawa, winger milik Persebaya. Dia membukukan assist terbanyak dengan sembilan. Pemain asal jepang ini juga telah mencetak 16 gol selama musim ini.

Penampilan para pemain memang cukup memikat dengan sederet prestasi individu. Ciro Alves misalnya. Penyerang milik Persikabo 1973 juga konsisten jadi andalan, dan kini malah sudah mencetak 20 gol.

Dua nama lain juga meramaikan persaingan catatan individu. Mereka pemain debutan di BRI Liga 1, yakni Carlos Fortes (Arema FC) dan Youssef Ezzejjari (Persik Kediri) yang sama-sama mencetak 18 gol di musim perdana mereka.

Akan tetapi, sejumlah pemain yang selama ini termasuk deretan nama top mulai mengalami penurunan performa sepanjang BRI Liga 1 2021/2022. Mereka biasanya masuk jajaran dalam top scorer maupun top assist dengan sihir di lapangan hijau.

Faktor usia dengan penurunan kemampuan fisik bisa jadi alasan. Lantas, siapa saja mereka? Simak ulasan Bola.com berikut ini:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Sosok satu ini sempat jadi fenomena di kompetisi tanah air. Boaz Solossa melakoni debut di Timnas Indonesia dalam usia 18 tahun pada 2004. Dia kemudian termasuk pemain yang tajam bersama Persipura Jayapura.

Boaz masuk dalam skuat Persipura sejak 2005 hingga 2020. Dia adalah kapten sekaligus ikon klub. Total, pemain berusia 36 tahun itu membukukan 225 gol dari 359 penampilan bersama Mutiara Hitam di semua ajang.

Jangan lupa titel juara Divisi Utama 2005 yang dipersembahkannya untuk Persipura. Dia juga aktor klub saat meraih tiga trofi Indonesia Super League, masing-masing pada 2008-2009, 2010-2011, dan 2013. Satu lagi adalah trofi ISC A 2016.

Tapi, Boaz Solossa kemudian memilih hengkang dari Persipura mulai musim ini. Dia bergabung dengan Borneo FC dan hanya membukukan tiga gol dari 20 pertandingan pada musim pertamanya di Indonesia tanpa berseragam Persipura.

 

3 dari 6 halaman

Marko Simic

Sosok satu ini sudah kehilangan tempat di skuat utama Persija Jakarta. Marko Simic absen dalam lima pertandingan terakhir BRI Liga 1. Empat di antaranya hanya duduk manis di bangku cadangan, sedang satu lagi tak masuk daftar susunan pemain.

Itu merupakan hal yang tidak biasa terjadi. Sebab, dalam 27 pertandingan sebelumnya di BRI Liga 1, striker asal Kroasia itu selalu mendapat menit bermain, baik sejak menit awal maupun sebagai pemain pengganti.

Pemandangan Marko Simic hanya duduk di bangku cadangan tidak pernah terjadi sebelumnya. Saat tidak mendapat menit bermain, biasanya Simic memang harus absen dan tidak masuk dalam daftar susunan pemain sejak 2018.

Jika menilik performa, Simic sebenarnya masih konsisten mencetak gol. Dia juga top scorer Persija musim ini dengan 14 gol. Tapi, ada penurunan jika dibanding dengan musim-musim sebelumnya.

Di edisi 2018, dia mampu mencetak 18 gol dari 30 pertandingan. Angka yang cukup apik untuk musim debut pemain asing di Indonesia. Di musim itu pula dia membawa Persija menjuarai Liga 1 2018.

Berikutnya, Simic gagal membawa Persija mempertahankan titel juara yang diraih Bali United pada Liga 1 2019. Namun, Simic mampu meraih gelar individu sebagai top scorer Liga 1 2019 dengan 28 golnya.

 

4 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Lilipaly sendiri bergabung dengan Bali United sejak putaran kedua Liga 1 2017. Dia langsung jadi andalan. Sempat diplot sebagai gelandang serang, dia lantas menempati posisi winger kiri hingga sekarang.

Performa Stefano Lilipaly sebenarnya kian meningkat dalam mendekati berakhirnya BRI Liga 1. Dia tampil solid bersama rekan-rekannya. Hal ini sudah jarang terlihat karena selama ini Bali United mengandalkan Eber Bessa untuk mengatur serangan.

Tapi, sudah mulai terlihat bahwa penampilannya mulai menurun musim ini. Pemain naturalisasi berdarah Belanda ini mencetak masing-masing lima gol dan assist dalam 28 pertandingan musim ini.

Meski selalu diandalkan di winger kiri, Bali United sudah tidak terlalu bergantung padanya. Ada Eber Bessa, gelandang serang dengan akurasi umpan dan tembakan yang ciamik. Lalu, winger kanan Privat Mbarga pun menyatu dengan Serdadu Tridatu.

 

5 dari 6 halaman

Aleksandar Rakic

Striker asal Serbia ini mulai berkarier di Indonesia dengan bergabung PS Tira di musim 2018. Klub tersebut kini telah berganti nama menjadi Persikabo 1973 dan Aleksandar Rakic menjadi bagian skuatnya.

Rakic sendiri merupakan top scorer Liga 1 2018 dengan 21 gol dari 34 pertandingan. Musim itu, dia selalu bermain 90 menit dalam semua pertandingan. Dia mampu tampil trengginas dan menjanjikan.

Berikutnya, Rakic memilih hijrah dan bergabung Madura United di musim 2019. Tapi, hanya 12 gol yang dicetaknya dari 28 penampilan. Pindah ke Barito Putera, dia hanya menyumbang lima gol dari 20 laga.

Kini, pemain berusia 35 tahun itu kembali ke Persikabo 1973 sejak putaran kedua BRI Liga 1. Performanya semakin menurun dengan tiga gol dari sembilan laga. Dia kalah jauh dari Ciro Alves yang sudah mencetak 20 gol.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer