Sukses


BRI Liga 1: Bonek Beri Saran untuk Persebaya, Arsenio Valpoort Enggak Usah Dipertahankan

Bola.com, Surabaya - Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, angkat bicara soal nasib Arsenio Valpoort. Dari suara di media sosial, banyak dari mereka yang menyatakan striker asal Belanda itu tidak pantas dipertahankan untuk musim depan.

Koordinator Green Nord alias Bonek tribune utara, Cak Cong, sependapat dengan suara tersebut. Performa Valpoort di Persebaya Surabaya sangat tidak sesuai harapan menggantikan Jose Wilkson yang sebelumnya juga gagal memenuhi ekspektasi Bonek.

“Strikernya sudah tidak usah dipertahankan. Jangan berkaca kejadian kemarin, hanya mengandalkan video YouTube pemain. Seorang Valpoort dan Wilkson bisa memperkuat Persebaya,” kata Cak Cong.

Arsenio Valpoort selama ini masih pada kebiasaannya membuang peluang saat diberi kesempatan. Bahkan, saat sudah di depan gawang, striker berusia 29 tahun itu tetap gagal mengonversinya menjadi gol Persebaya Surabaya.

Pemain berdarah Suriname ini benar-benar tampil di luar ekspektasi karena tak bisa menjadi mesin gol Persebaya. Total, dia hanya mampu mencetak sebiji gol dari 11 penampilan di BRI Liga 1 2021/2022, kalah jauh dari winger Taisei Marukawa yang sudah mencetak 16 gol.

“Itu pintar-pintarnya agen bisa menjual ke Persebaya. Hanya melihat sosok mereka dari YouTube. Mempercayakan kemampuannya seperti apa? Terbukti di lapangan tidak bisa berkontribusi banyak buat Persebaya,” imbuh Cak Cong.

 

 

2 dari 4 halaman

Mulai Terpinggirkan

Arsenio Valpoort sendiri sudah tidak mendapat kesempatan bermain dalam dua laga terakhir di BRI Liga 1. Dia malah sempat menghilang dari daftar susunan pemain saat Persebaya bermain imbang 1-1 kontra Persib Bandung (19/3/2022).

Pelatih Aji Santoso sendiri secara mengejutkan tidak menurunkan striker dalam pertandingan ini. Tak ada nama Arsenio Valpoort maupun Samsul Arif di starting eleven. Rupanya, dia menempatkan Bruno Moreira dengan peran false nine.

Di sisi sayap, terdapat Oktafianus Fernando dan Mochammad Supriadi. Lalu, Taisei Marukawa yang biasa menghuni winger kanan dipasang sebagai gelandang serang untuk menyuplai bola ke depan.

Beruntung, Persebaya masih punya Samsul Arif, yang meski sudah berusia 37 tahun dan tampil mentereng. Samsul sudah menyumbang 11 gol dalam 25 penampilannya musim ini.

3 dari 4 halaman

Cari Striker Baru

Jika Persebaya tak memperpanjang kontrak Arsenio Valpoort, lantas siapa striker asing yang pantas didatangkan musim depan?

“Biasanya kemauannya Coach Aji tidak terpikir dengan suporter, siapapun itu pemain asing terbaik. Marukawa ada negosiasi perpanjang sama Bruno (Moreira) dan memang layak dipertahankan. Suporter masih ingin dua orang itu,” tutur Cak Cong.

Dua pemain asing yang disebut Cak Cong, Marukawa dan Bruno, memang menjadi andalan sepanjang musim. Keduanya masih muda, masing-masing berusia 25 tahun serta 22 tahun, dan mampu memberi kontribusi optimal untuk Persebaya.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer