Sukses


Adu Kuat Arema FC Vs PSM pada Laga Terakhir BRI Liga 1 2021 / 2022 : Usaha Carlos Fortes Menembus Karang

Bola.com, Jakarta - Arema FC dan PSM Makassar bersua pada laga pamungkas di BRI Liga 1 2021/2022, Rabu (30/3/2022). Kedua tim sama-sama memburu kemenangan dengan misi khusus.

Arema FC mengintip peluang meraih tiket playoff AFC Cup musim depan. Sementara itu, PSM Makassar ingin mengakhiri kompetisi dengan menjadi penghuni papan tengah.

Situasi tersebut membuat kedua tim akan menurunkan materi terbaiknya pada laga nanti. Apalagi, mereka baru saja mengantungi kemenangan berharga pada pekan ke-33.

Arema melibas Persikabo 1973 dengan skor 3-1, Kamis (24/3/2022). PSM Makassar memastikan diri bertahan di panggung Liga 1 musim depan usai menekuk Persiraja Banda Aceh 1-0, Jumat (25/3/2022).

Meski posisi Arema lebih baik dari PSM di klasemen BRI Liga 1, kekuatan mereka sejatinya tak berbeda jauh. Seperti diketahui, pada pertemuan pertama, kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1. Arema bisa stabil di papan atas karena penampilan Carlos Fortes dan kolega lebih konsisten dibandingkan PSM.

Jelang laga Arema FC kontra PSM Makassar, Bola.com membuat narasi singkat terkait kekuatan antarlini kedua tim. Berikut ulasannya:

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Adilson Maringa jadi sosok kunci Arema bertahan di papan atas. Pria asal Brasil kelahiran 22 Agustus 1990 ini berada pada peringkat kedua daftar kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak.

Pada 29 laga bersama Arema, Adilson tercatat 84 kali menghalau peluang emas pemain lawan. Raihannya itu sama dengan kiper Persikabo 1973, Syahrul Trisna Fadillah. Sedang posisi teratas ditempati oleh Andritany Ardhiyasa dengan 101 aksi penyelamatan buat Persija Jakarta.

Sementara itu, kiper PSM, Syaiful Syamsuddin musim ini berada di bawah bayang-bayang juniornya, Hilman Syah. Sampai pekan ke-33, Syaiful hanya tampil dalam 10 laga buat PSM. Meski begitu, kemampuan pria kelahiran 11 Juni 1993 terbilang lumayan. Selain memiliki refleks yang baik, Syaiful juga jeli dalam memotong umpan silang lawan.

 

3 dari 6 halaman

Belakang

Lini belakang Arema terbilang bagus. Sampai pekan ke-33, gawang Singo Edan hanya kemasukkan 25 gol. Pencapaian ini tak bisa dilepaskan dari peran penting duet stoper Sergio Silva-Bagas Adi yang berdiri di depan Adilson Maringa.

Selain tangguh, keduanya juga piawai dalam memanfaatkan situasi bola mati. Begitu juga bek sayap seperti Rizky Dwi dan Jon Alfarizi yang kerap terlihat berkeliaran di area pertahanan tim lawan.

Di kubu PSM Makassar, pelatih Joop Gall lebih sering memainkan duet Erwin Gutawa-Ganjar Mukti di posisi bek sentral pada putaran kedua. Kesempatan serupa juga diberikan kepada dua bek sayap, Dallen Doke dan Yance Sayuri. Kalau keempatnya tampil normal, tak mudah bagi penyerang Arema bergerak leluasa di area 16 meter milik PSM Makassar

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Meski penampilannya tak sebaik musim sebelumnya, peran Wiljan Pluim tetap sentral di PSM Makassar. Pada musim ini, ia tampil dalam 30 laga bersama PSM Makassar dengan koleksi 7 gol serta enam assist. Pencapaian ini membuat eks gelandang Willem II menjadi pemain tersubur di skuad Juku Eja. Pergerakan Pluim ditopang oleh trio gelandang petarung yakni Rasyid Bakri, M. Arfan dan Manda Cingi.

Sementara itu, lini tengah lebih mengandalkan kolektivitas serta pergerakan aktif dua penyerang sayap dengan formasi 4-4-2. Pada menit awal, dua gelandang dinamis, Jayus Hariono dan Renshi Yamaguchi biasanya mendapat kesempatan pertama. Sementara Dendi Santoso dan Ryang Kurnia beroperasi dari sisi sayap.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Carlos Fortes pantas disebut sebagai rekrutan terbaik Arema di BRI Liga 1 2021/2022. Meski baru pertama kali berkiprah di kompetisi Indonesia, sosok striker asal Portugal menuai pujian dengan koleksi 19 gol dalam 30 laganya bersama tim Singo Edan.

Tak hanya aktif mengganggu konsentrasi bek lawan, Fortes juga tak jarang membantu pertahanan saat Arema berada dalam tekanan.

Pada laga ini, PSM Makassar juga berharap kepada Ferdinand Sinaga, yang mendapatkan gol perdananya di BRI Liga usai menjebol gawang Persiraja. Meski kemampuannya belum sepenuhnya kembali, Ferdinand tetap jadi bahaya laten buat lini belakang Arema.

6 dari 6 halaman

Di Mana Posisi Akhir Arema?

Video Populer

Foto Populer