Sukses


5 Pemain Paling Berpengaruh Bawa Bali United Juara BRI Liga 1: Asing dan Naturalisasi Berperan Besar

Bola.com, Denpasar - Mempertahankan gelar juara yang pertama diraih di Liga 1 2019 memang cukup sulit. Inilah yang dialami Bali United setelah kembali menjadi juara di BRI Liga 1 2021/2022.

Setelah hanya bertengger di peringkat kelima pada saat putaran pertama BRI Liga 1 berakhir, Bali United perlahan tapi pasti merangsek naik ke puncak klasemen hingga akhirnya menjadi juara.

Konsistensi menjadi kunci Bali United mempertahankan gelar juara. Dalam 16 pertandingan, Bali United hanya sekali merasakan kekalahan dan satu kali meraih hasil imbang.

Kekalahan terjadi pun ketika mereka sudah berhasil memastikan diri mengunci gelar juara pada laga pekan ke-33 saat menghadapi Persebaya Surabaya.

Banyak yang mengatakan ada keuntungan tersendiri bagi Bali United bermain di 'rumahnya' sendiri. Bahkan mereka disebut-sebut sebagai Panitia FC hingga sebagai anak emas PSSI.

Namun, apa yang didapatkan oleh Bali United adalah buah dari setiap kemenangan yang mereka raih. Pengakuan tentang performa apik Bali United juga banyak mengalir.

Banyak faktor yang membuat Bali United bisa superior di putaran kedua BRI Liga 1. Satu di antaranya adalah performa apik dari para pemainnya.

Bola.com mencoba merangkum lima pemain paling berpengaruh di skuad Bali United pada musim ini. Berikut ulasannya:

 

2 dari 7 halaman

Ilija Spasojevic

Tidak perlu diragukan lagi, Spaso adalah kunci Bali United bisa meraih gelar juara musim ini. 22 dari total 54 gol milik Bali United, dilesakkan oleh penyerang naturalisasi asal Monetenegro ini.

Spaso bukanlah tipikal penyerang yang selalu mengejar bola. Dia cukup pintar dalam memanfaatkan setiap peluang dan tepat dalam penempatan posisi. “Napas tua” yang dimiliki Spaso mampu berbuah manis musim ini dan punya peluang besar merebut gelar top scorer.

 

3 dari 7 halaman

Eber Bessa

 

Tanpa Eber Bessa, Bali United bisa apa? Ucapan ini sebenarnya bukan isapan jempol belaka. Lihat bagaimana Bali United bermain ketika gelandang asal Brasil ini absen menghadapi PSS Sleman dan Arema FC.

Meskipun dalam kedua pertandingan tersebut Bali United menang, tapi lini tengah sulit berkreasi dengan maksimal. Lima gol dan tiga assist adalah pencapaian terbaiknya musim ini.

 
4 dari 7 halaman

Privat Mbarga

Bisa dikatakan, Privat menjadi pembelian yang cukup sukses untuk Bali United di paruh musim BRI Liga 1 2021/2022. Akselerasinya cukup baik dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Spaso pernah berujar jika dia selalu dijaga ketat pemain lawan, masih ada Eber Bessa dan Privat Mbarga yang jadi penentu kemenangan. Sejauh ini, penyerang asal Kamerun tersebut sudah mengemas empat gol dan lima assist untuk Bali United.

 

5 dari 7 halaman

Stefano Lilipaly

Pada putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022, Fano benar-benar bermain di bawah performa terbaiknya. Tapi, di paruh kedua dia mulai menunjukkan taring. Lima gol dan lima assist langsung dibukukannya untuk Bali United.

Gol perdananya musim ini diciptakan saat menumbangkan Persib Bandung dengan skor tipis 1-0. Setelah itu keran gol dan assist mulai tercipta. Terakhir dia menciptakan satu assist untuk satu gol yang dilesakkan Spaso saat menghadapi Madura United.

 

6 dari 7 halaman

Brwa Nouri

Dia seperti pahlawan yang tak terlihat. Tidak banyak tereksploitasi, namun perannya begitu vital. Nouri bisa disebut sebagai gelandang bertahan terbaik yang dimiliki Bali United. Bisa dikatakan gelandang terbaik di BRI Liga 1 musim ini.

Sejak Liga 1 2019, penampilannya begitu konsisten. Dia mampu menjaga kedalaman lini tengah dengan baik. Tidak banyak duel yang dilakukan, namun umpannya selalu maksimal. Dia tahu kapan harus menguasai bola dan kapan harus memberikan umpan.

Makanya dia baru satu kali mencetak gol untuk Bali United sejak direkrut pada putaran kedua Liga 1 2018. Itupun gol yang dilesakkannya berasal dari sepakan penalti saat membungkam Arema FC dengan skor 2-1 di BRI Liga 1 2021/2022.

7 dari 7 halaman

Posisi Bali United di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer