Sukses


11 Pemain Layak Menghuni Starting XI Terbaik BRI Liga 1: Dominasi Bali United dan Persib

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 hampir menyelesaikan seluruh pertandingan musim ini. Bali United sudah dipastikan menjadi juara dengan koleksi 72 poin dari 33 pertandingan.

BRI Liga 1 2021/2022 terbilang sebagai kompetisi yang berlangsung ketat dan penuh kejutan. Itu dibuktikan dengan ketatnya persaingan yang terjadi sampai penentu gelar juara harus dinantikan pada pekan-pekan akhir.

Ketatnya persaingan di BRI Liga 1 tak terlepas dari meningkatnya kualitas pemain yang dimiliki klub. Ada banyak pemain lokal maupun asing yang mampu mencuri perhatian dengan penampilan mengesankan dan konsisten sepanjang musim.

Kondisi ini menjadi sinyal yang positif untuk iklim sepak bola Indonesia. Artinya, perbedaan kualitas antara pemain lokal dan asing hampir merata di semua klub yang ada.

Dari 617 pemain yang tersebar pada 18 klub BRI Liga 1, ada sejumlah nama yang layak mendapatkan penghargaan. Mereka memberikan penampilan terbaik dan menjadi andalan di tim masing-masing.

Pemilihan ini mengacu pada kontribusi dan peran para pemain sepanjang musim BRI Liga 1. Berikut ini 11 pemain yang layak masuk starting XI terbaik BRI Liga 1 2021/2022 versi Bola.com.

2 dari 7 halaman

Kiper

Teja Paku Alam layak terpilih sebagai kiper terbaik di BRI Liga 1 2021/2022. Penampilan apiknya musim ini membuat gawang Persib Bandung sukar kebobolan.

Teja Paku Alam tercatat mengawal jala Persib sebanyak 24 pertandingan. Kiper berusia 28 tahun itu kebobolan 13 kali dan sukses mencatatkan 13 clean sheet.

Sejauh ini, Teja Paku Alam melakukan 81 penyelamatan. Namun, jumlah tersebut masih kalah jauh dari yang dilakukan kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, yang melakukan 101 penyelamatan.

3 dari 7 halaman

Belakang

Posisi bek kiri layak diberikan kepada Johan Alfarizi. Pemain tak tergantikan di posisi bek kanan dan memainkan 33 pertandingan untuk Arema FC. Selain itu, Johan Alfarizi juga sukses mencetak lima gol serta empat assist.

Adapun di posisi bek tengah ada duet Nick Kuipers (Persib Bandung) dan Anderson Salles (Bhayangkara FC). Peran apik Nick Kuipers dalam menjaga jantung pertahanan Persib sangat besar.

Begitu juga dengan Anderson Salles di Bhayangkara FC. Tak sekadar menjaga pertahanan, pemain Brasil itu juga mencatatkan enam gol dan satu assist.

Sementara itu, posisi bek kanan layak diberikan pada I Made Andhika Wijaya. Pemain berusia 25 tahun itu merupakan kunci serangan Bali United dari sektor bek sayap kanan.

4 dari 7 halaman

Tengah

Pada posisi gelandang sayap kiri, ada nama Adam Alis yang layak diperhitungkan. Gelandang Bhayangkara FC itu tak hanya andal membangun serangan, namun juga sukses mencetak empat gol dan lima assist.

Sementara itu, Eber Bessa layak dibebani peran sebagai motor serangan. Bermain di posisi gelandang serang, Eber Bessa punya peran penting dalam mengatur ritme permainan Bali United.

Begitu juga dengan Marc Klok yang selama ini menjadi pengatur lini tengah Persib. Komando dari Marc Klok membuat lini tengah Persib sangat tangguh saat bertahan dan menyerang.

Adapun Taisei Marukawa layak ditempatkan di sektor gelandang sayap kanan. Pemain Persebaya Surabaya itu berhasil mencetak 16 gol dan sembilan assist.

5 dari 7 halaman

Depan

Untuk meramaikan posisi lini depan, ada Ilija Spasojevic dan Ciro Alves. Kedua pemain tersebut merupakan nama-nama yang memeriahkan BRI Liga 1 dengan torehan banyak gol.

Ciro Alves sejauh ini sudah mencetak 20 gol untuk Persikabo 1973. Pencapaian itu dibukukan pemain asal Brasil dengan 31 pertandingan di BRI Liga 1.

Adapun pencapaian Spasojevic juga tak kalah mengilap. Berkat ketajaman pemain naturalisasi itu dengan sumbangan 22 gol, Bali United berhasil meraih gelar.

6 dari 7 halaman

Pelatih

Stefano Cugurra Teco layak didapuk pelatih terbaik di BRI Liga 1 2021/2022. Berkat tangan dinginnya, Bali United mampu mempertahankan gelar liga.

Pencapaian musim ini menjadi yang kedua dipersembahkan Teco bersama Bali United. Pada Liga 1 2019, pelatih asal Brasil itu juga mempersembahkan gelar pada Bali United.

Teco juga menjadi pelatih pertama di kompetisi sepak bola Indonesia yang meraih tiga gelar liga secara beruntun. Pencapaian itu dibukukan Teco ketika mempersembahkan gelar Liga 1 2018 untuk Persija dan Liga 1 2019 plus Liga 1 2021/2022 untuk Bali United.

7 dari 7 halaman

Formasi XI

Video Populer

Foto Populer