Sukses


4 Kiper Terbaik BRI Liga 1 versi Bola.com: Adilson Maringa Dihimpit Tiga Pemain Lokal

Bola.com, Jakarta - Perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 memasuki pekan terakhir atau partai ke-34. Bali United berhasil keluar sebagai juaranya sekaligus mempertahankan gelar untuk musim ini.

Satu di antara yang menarik dibahas adalah performa yang ditampilkan para pemain sepanjang musim ini. Termasuk untuk posisi penjaga gawang yang tak kalah pamornya dari pemain di posisi lain.

Penjaga gawang merupakan posisi paling krusial dalam permainan sepak bola. Dibutuhkan keberanian dan keahlian khusus untuk mengisi posisi di bawah mistar. Tak heran bila dalam sesi latihan, mereka memiliki porsi yang berbeda.

Meskipun tak terlalu sering terlibat dalam permainan, perannya bakal terasa saat tim tengah dalam tekanan. Tak hanya dituntut memiliki refleks cepat, mereka juga wajib membekali diri dengan kemampuan membaca permainan.

Selain kedua hal tersebut, seorang kiper wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Buruknya koordinasi di pertahanan bakal memudahkan lawan mencetak gol ke gawang mereka.

Sepanjang perhelatan BRI Liga 1 2021/2022, beberapa kiper berhasil memenuhi kriteria tersebut. Mereka berhasil menjadi benteng terakhir yang tangguh untuk ditaklukkan lawan-lawan mereka.

Tanpa mengecilkan kehebatan para kiper lainnya, Bola.com memilih empat kiper terbaik di kompetisi musim ini. Apakah kalian setuju dengan pilihan kami?

 

 

2 dari 6 halaman

Awan Setho

Tak banyak kiper muda yang mendapat tempat di posisi starter. Namun, Awan Setho malah menerima kepercayaan yang lebih besar dengan memimpin rekan-rekannya yang lebih senior di tim sekelas Bhayangkara FC.

Kemampuan pemain berusia 25 tahun itu memang sangat bisa diandalkan klub berjuluk The Guardian itu. Reaksi cepat plus kepintarannya dalam membaca arah permainan membuatnya menggamit posisi utama sejak empat tahun lalu.

13 cleansheet yang diciptakannya musim ini memang tak mampu membawa Bhayangkara FC meraih juara. Tetapi, catatan ini merupakan pencapaian tertingginya sepanjang karier.

3 dari 6 halaman

Adilson Maringa

Kiper Arema FC ini merupakan satu-satunya pemain asing yang berada di daftar ini. Adilson Maringa sudah membuktikan dirinya sebagai elemen penting klub berjuluk Singo Edan sepanjang kampanye musim ini.

Tanpa kepiawaiannya di bawah mistar, mustahil Arema FC bisa bersaing di papan atas. Adilson bahkan memecahkan rekor cleansheet terlama Liga 1 melewati pencapaian kiper Barito Putera, Adhitya Harlan.

Pemain asal Brasil itu memiliki catatan statistik yang setara dengan Awan Setho. Adilson juga membuat 13 cleansheet sepanjang kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

4 dari 6 halaman

Nadeo Argawinata

Awalnya, Nadeo Argawinata bukan pilihan utama di bawah mistar Bali United. Pos penjaga gawang lebih dipercayakan kepada Wawan Hendrawan. Namun, sebuah kesalahan membuat pelatih Stefano Cugurra tak lagi bisa mengandalkannya.

Keputusan untuk memberikan posisi ini kepada Nadeo akhirnya berbuah manis. Setelah performa hebat di Piala AFF 2020, pemain asal Kediri itu semakin mantap menjadi andalan Bali United.

Walaupun baru tampil dalam 17 pertandingan, 10 kali cleansheet plus dua penyelamatan penalti heroik cukup membuatnya berada di daftar ini. Satu keunggulan lainnya, Nadeo membawa Bali United meraih back-to-back juara.

5 dari 6 halaman

Teja Paku Alam

Teja Paku Alam merupakan sebuah anomali dalam permainan Persib Bandung musim ini. Saat pemain lain mengalami inkonsistensi performa, pemain berusia 28 tahun itu justru bermain sangat stabil.

Mantan kiper Semen Padang itu memang sudah sejak lama membangun reputasi sebagai kiper tangguh. Bersama Persib, kehebatannya terbukti dari jumlah penyelamatan dan cleansheet yang dibuatnya.

Walaupun gagal menyumbangkan gelar juara di musim penuhnya bersama klub berjuluk Maung Bandung itu. Setidaknya loyalis Persib bisa berharap banyak akan performanya di musim depan.

6 dari 6 halaman

Intip Persaingan Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer