Sukses


Hasil BRI Liga 1: Takluk dari Borneo FC, Persebaya Finish Peringkat 5 Klasemen Akhir

Bola.com, Denpasar - Persebaya Surabaya harus puas finish di peringkat kelima klasemen akhir BRI Liga 1 2021/2022. Mereka kalah 1-2 dari Borneo FC dalam pekan terakhir di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Rabu (30/3/2022) malam.

Tidak butuh waktu lama bagi Borneo FC untuk unggul dulu. Baru menit ketiga, mereka mencetak gol lewat Wawan Febrianto. Itu berkat upaya Kei Hirose menyisir sisi kanan dan mengirim umpan tarik yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Wawan.

Persebaya Surabaya merespons gol itu dengan tampil menyerang. Di menit ke-11, mereka mengancam lewat pergerakan Taisei Marukawa di kotak penalti dan mengumpan ke Bruno Moreira. Sempat menggocek bola, sepakan Bruno bisa diamankan Gianluca Pandeynuwu.

Borneo tidak ketinggalan dengan mengandalkan Kei Hirose untuk menyuplai bola ke lini depan. Pada menit ke-21, gelandang asal Jepang itu memberi umpan silang kepada Francisco Torres yang diselesaikan lewat sundulan yang tak terarah.

Persebaya Surabaya pun bersorak karena mencetak gol balasan di menit ke-23. Mulanya Samsul Arif melepas tembakan yang bisa diblok Gianluca. Bola muntah disambar oleh Taisei Marukawa dan kali gagal dibendung.

Skor sama kuat itu tak bertahan lama. Kali ini, Borneo kembali unggul berkat aksi cerdik Jonathan Bustos yang mengirim umpan terobosan. Torres pun menyelesaikannya dengan tembakan yang gagal dihentikan Andhika Ramadhani di menit ke-28.

Tempo permainan kedua tim mulai menurun. Borneo sempat memberi ancaman lewat Wahyudi Hamisi di menit ke-42 yang bisa diamankan Andhika. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-1 untuk Borneo.

 

 

2 dari 4 halaman

Babak II

Pertandingan paruh kedua berlangsung dengan tempo permainan yang semakin menurun. Peluang baru lahir di menit ke-50 untuk Borneo FC yang dilepaskan oleh Kei Hirose. Sayang, sepakannya diblok bek Persebaya.

Tim Bajul Ijo tidak ketinggalan dengan berusaha tampil agresif demi menyamakan kedudukan. Di menit ke-54, Bruno Moreira mencoba melepas tembakan yang sayangnya tidak mengarah ke gawang Pesut Etam.

Setelah ini, permainan kedua tim cenderung berjalan monoton. Banyak pelanggaran yang dilakukan oleh kedua kubu sehingga berkali-kali pertandingan terhenti karena pemain memerlukan perawatan medis.

Baru pada menit ke-77 peluang kembali tercipta untuk Persebaya. Itu bermula dari umpan silang Akbar Firmansyah, Mochammad Supriadi menyelesaikannya dengan satu sentuhan ke arah gawang yang kosong. Tapi, Nur Diansyah mampu membloknya.

Di menit ke-80, Supriadi kembali mendapat peluang emas setelah menerima umpan terobosan dari Taisei Marukawa. Supriadi melakukan dribel ke kotak penalti dan dibayangi oleh Nur Diansyah. Lagi-lagi, gagal berbuah gol karena sepakannya melebar.

Tak ada tambahan gol yang tercipta sampai wasit Dwi Susilo meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Borneo FC memungkasi BRI Liga 1 dengan tambahan tiga poin berkat kemenangan 2-1 ini.

Hasil ini memaksa Persebaya finish di peringkat kelima dengan 63 poin. Mereka disalip oleh Arema FC yang sebelumnya menang 1-0 atas PSM Makassar di hari yang sama dengan menduduki peringkat keempat dengan 65 poin.

Sedangkan Borneo FC sudah dipastikan finish di peringkat keenam bahkan sebelum laga kontra Persebaya digelar. Pesut Etam mengakhiri kompetisi dengan 52 poin.

3 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Koko Ari Araya, Alie Sesay, Rizky Ridho, Ady Setiawan (belakang); Rachmat Irianto, Muhammad Hidayat, Hambali Tolib (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandeynuwu (kiper); Rifad Marasabessy, Javlon Guseynov, Nur Diansyah, Leo Guntara (belakang); Wahyudi Hamisi, Kei Hirose, Jonathan Bustos (tengah); Wawan Febrianto, Francisco Torres, Terens Puhiri (depan)

Pelatih: Miftahudin Mukson (caretaker)

4 dari 4 halaman

Lihat Persaingan Tim Favoritmu Saat Ini

Video Populer

Foto Populer