Sukses


Fakta-fakta Marselino Ferdinan, Pemain Muda Terbaik BRI Liga 1

Bola.com, Denpasar - Gelandang muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan meraih gelar sebagai pemain muda terbaik di BRI Liga 1 musim ini. Ini adalah penghargaan individu yang spesial bagi pemain yang baru berusia 17 tahun itu.

Marselino mengalahkan para pemain muda lain yang juga difavoritkan untuk meraih penghargaan itu. Sebut saja Bagas Kaffa, Beckham Putra, atau Alfriyanto Nico.

Marselino Ferdinan memang menampilkan hal yang spesial di musim ini. Di usianya yang masih 17 tahun ia mampu menembus skuad utama tim besar seperti Persebaya Surabaya.

Tidak hanya menembus skuad utama, Marselino bahkan jadi salah satu andalan Bajol Ijo. Di sepanjang musim pemain kelahiran Jakarta ini mampu mencatatkan 23 penampilan.

Selain itu, Marselino juga mampu mencetak empat gol dan tujuh assist di sepanjang musim ini Persebaya. Dengan catatan tujuh assist itu membuat Marselino hanya kalah dari Taisei Marukawa yang punya catatan 10 assist di Persebaya musim ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Langganan Timnas Indonesia U-16

Marselino Ferdinan adalah pemain kelahiran Jakarta pada tahun 2004 lalu. Namun, ia sudah bergabung dengan tim internal Persebaya sejak usia yang sangat muda.

Di usia yang baru 17 tahun, adik dari pemain senior Persebaya, Oktafianus Fernando ini juga sudah bisa menembus dan jadi andalan di skuad utama Persebaya Surabaya.

Selain itu, Marselino juga sempat jadi langganan Timnas Indonesia U-16. Namun, Marselino juga sudah menjalani debut di level Timnas Indonesia senior.

Ia melakukannya saat Indonesia melawan Timor Leste dalam uji coba internasional pada akhir Januari lalu. Di laga itu, Indonesia menang telak 4-1.

3 dari 4 halaman

Top 50 Wonderkid Terbaik Dunia 2021

Pada tahun 2021, Marselino Ferdinan membuat publik sepak bola nasional heboh. Ia masuk ke dalam daftar top 50 wonderkid terbaik di dunia versi media Inggris, The Guardian.

The Guardian mengakui talenta hebat yang dimiliki oleh Marselino dalam tulisan mereka itu. Marselino adalah pemain Indonesia kedua yang masuk ke dalam daftar itu. Sebelumnya, Egy Maulana Vikri juga masuk ke dalam daftar itu pada tahun 2018.

Menariknya untuk daftar top 50 wonderkid tahun 2021 itu ada beberapa nama lain yang kini sudah beredar di klub-klub besar Eropa. Seperti Gavi di Barcelona atau Yousofa Moukoko di Borussia Dortmund.

 

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer