Sukses


Persipura Terdegradasi ke Liga 2, Yevhen Bokhashvili Pamit

Bola.com, Denpasar - Persipura Jayapura harus kehilangan pemain asing setelah resmi terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Satu di antaranya, yakni Yevhen Bokhashvili.

Persipura Jayapura resmi terdegradasi karena menghuni posisi ke-16 pada klasemen akhir BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu untuk pertama kalinya dalam 28 tahun terakhir turun kasta ke Liga 2.

Sesuai dengan regulasi Liga 2 yang tidak membolehkan klub menggunakan pemain asing, maka perpisahan tidak bisa terelakkan bagi Yevhen Bokhashvili. Meski demikian, pemain asal Ukraina itu mengaku bangga pernah membela Persipura.

"Sebuah kebanggaan bisa bermain dengan tim yang luar biasa ini. Musim yang sulit dan Persipura akan kembali lebih tangguh," kata Yevhen Bokhashvili di akun Instagram miliknya.

Kebersamaan Yevhen Bokhashvili bersama Persipura terbilang singkat. Pemain berusia 29 tahun itu bergabung pada Agustus 2021 dan mencatatkan 26 penampilan dengan sumbangan delapan gol.

Yevhen Bokhashvili tidak sendirian yang hengkang dari Persipura Jayapura. Pemain asing lainnya semisal Hedipo Gustavo, Ramiro Fergonzi, Takuya Matsunaga dipastikan mencari klub baru.

2 dari 3 halaman

Tanpa Wakil Sumatra dan Papua

Selain Persipura Jayapura, Persela Lamongan, dan Persiraja Banda Aceh juga turun kasta ke Liga 2. Sebagai gantinya, Persis Solo, RANS Cilegon FC, dan Martapura Dewa United yang promosi ke Liga 1.

Terdegradasinya Persipura dan Persiraja Banda Aceh membuat Liga 1 musim depan tanpa wakil Sumatra dan Papua. Wakil dari kedua pulau tersebut dipastikan habis.

Dengan demikian, Jawa menjadi pulang paling banyak yang mengirimkan wakil di Liga 1 musim depan. Sebanyak 14 klub yang berasal dari Jawa akan bersaing di Liga 1.

Adapun Kalimantan akan diwakili Borneo FC dan Barito Putera. Sementara itu, PSM Makassar masih menjadi satu-satunya wakil dari Sulawesi dan Bali United dari Bali.

3 dari 3 halaman

Simak Klasemen Akhir BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer